12.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Pastikan Pohon Aren – Program Hanpangan Tumbuh Subur, Koramil 03 Mandau Gencarkan Perawatan

CENTRALNEWS.ID, DURI – Danramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto kerahkan para Babinsa untuk lakukan perawatan tanaman pada lahan (program) Ketahanan Pangan (Hanpangan) di kilometer 6 kelurahan Pematang Pudu, kecamatan Mandau – Duri, Jumat (12/1).

Perawatan dilakukan secara rutin, khususnya pada komoditas bibit tanaman Aren yang sebelumnya telah di-launching serentak penanamannya di wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Resor Militer 031 Wira Bima.

Sekira 100 bibit pohon aren yang telah ditanam 30 hari yang lalu secara aktif diperhatikan pertumbuhannya. Tumbuhan gulma yang hidup di sekelilingnya pun dibersihkan agar bibit aren tak terjepit dan mati. Selain itu, perawatan juga dimaksimalkan dengan pemberian pupuk agar komoditas bibit pohon aren yang ditanam dapat tumbuh maksimal sesuai harapan guna memberi manfaat yang besar bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan

“Hari ini anggota kita lakukan perawatan di lahan Hanpangan. Pada komoditas aren yang telah ditanam (bibitnya) beberapa waktu lalu, dirawat dengan cara dibersihkan dari tanaman gulma dan dijaga agar tidak terserang hama. Kemudian juga diberikan pupuk agar lebih subur, kemudian tanahnya digemburkan. Perawatan ini aktif kita lakukan agar pertumbuhan aren ini sesuai harapan kita bersama,” ungkap Danramil.

Mengingat kondisi cuaca saat ini kerap dilanda hujan lebat, pihaknya turut membuat paritan kecil di sekitar lahan agar debit air tak menggenang dan membuat akar tanaman menjadi busuk hingga mati. “Supaya bibit aren tidak mati, kita buat parit-parit kecil untuk mengalirkan air di musim hujan ini. Kalau air menggenang, akarnya akan busuk. Makanya kita harus jeli melihat situasi. Dengan ini kita harap program Hanpangan di wilayah Koramil 03 Mandau bisa maksimal dan sesuai harapan kita bersama,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles