23.8 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Mantap! Disdik Bengkalis Umumkan 3 Jalur Beasiswa Jenjang Perguruan Tinggi

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni nampaknya terus berbenah dan meningkatkan mutu pendidikan serta kualitas sumber daya manusia (SDM) di Negeri Junjungan. Hal ini terbukti dengan kembali diumumkannya penerimaan jalur Beasiswa tahun anggaran 2023 oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkalis, Kamis (14/9).

Dikonfirmasi, Kepala Disdik Bengkalis, Hadi Prasetyo, ST membenarkannya. Dia menjelaskan, ada tiga jenis bantuan biaya pendidikan tersebut, yakni Beasiswa Anak Tempatan, Beasiswa Prestasi Akademik dan Non Akademik, serta Beasiswa Suku Adat Terpencil.

“Beasiswa Anak Tempatan diperuntukkan bagi mahasiswa Diploma Dua (D-2), Diploma Tiga (D-3), Diploma Empat (D-4) dan Strata 1 (S1) yang sedang kuliah di Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Bengkalis. Salah satu syarat untuk menerima beasiswa ini sebagaimana pengumuman yang diterbitkan Disdik Nomor: 800/KPTS-DISDIK/IX/2023/5755, mahasiswa yang bersangkutan lahir di Kabupaten Bengkalis. Atau, salah satu orang tuanya lahir dan berdomisili di Kabupaten Bengkalis,” kata Hadi Prasetyo.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau

Untuk beasiswa jalur prestasi, dia menyebutkan informasi atau pemberitahuan tentang persyaratan beasiswa prestasi akademik dan non akademik yang diberikan Pemkab Bengkalis melalui Disdik, tertuang dalam pengumuman 800/KPTS-DISDIK/XI/2023/5754.

Adapun yang berhak menerima beasiswa prestasi akademik dan non akademik adalah mahasiswa beprestasi dari sekolah dan melanjutkan ke jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-3) dan Strata Satu (S-1) yang berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka se-Indonesia.

“Diutamakan mahasiswa lulusan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SMPTN) terkemuka. Sedangkan untuk mahasiswa maksimal semester 3 (Tahap Pertama) pada perguruan tinggi yang telah ditetapkan,” ujarnga menyebutkan beberapa persyaratan yang harus penuhi untuk memperoleh beasiswa prestasi akademik dan non akademik.

Baca Juga :  Roby Kurniawan; Mari Pertahankan Pancasila Dengan Mengamalkan Nilai Yang Terkandung di Dalamnya

Adapun yang lebih membanggakan, pihaknya juga menerima atau menyediakan jalur beasiswa khusus untuk mahasiswa berlatar belakang Suku Adat Terpencil, diantaranya diberikan untuk mahasiswa perguruan tinggi yang telah ditetapkan.

Hadi menuturkan, beasiswa ini berlaku bagi mahasiswa tahun I maksimal semester tiga, mahasiswa tahun II maksimal semester enam, mahasiswa tahun III maksimal semester delapan. Sedangkan mahasiswa tahun IV, maksimal semester 10.

Karena diperuntukkan buat mereka yang berasal Suku Adat Terpencil, maka salah satu syarat untuk mendapatkannya harus ada surat keterangan yang berasal atau dikeluarkan oleh Tetua Adat, Bathin atau Ketua/Penghulu Adat asal mahasiswa yang berasal dari suku adat terpencil tersebut.

“Syarat lain, harus ada surat keterangan dari Ketua Pengurus Besar Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Suku Sakai Riau dan Ketua Pengurus Besar Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Suku Akit Riau. Penetapan Persyaratan Beasiswa Suku Adat Terpencil Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023 tertuang dalam Pengumuman Disdik Kabupaten Bengkalis Nomor 800/KPTS-DISDIK/IX/2023/5753,” bebernya.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergi, Danrem 033/Wira Pratama Temui Kapolda Kepri Yan Fitri

Pengumuman-pengumuman penerimaan beasiswa tersebut dirilis pertanggal 12 September 2023 dan ditandatangi langsung oleh Hadi Prasetyo, ST selaku Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis. Untuk diketahui, berkas persyaratan paling lambat disampaikan tanggal 16 Oktober 2023 dan dapat diperoleh pada website Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dengan judul artikel: (https://disdik.bengkaliskab.go.id/web/detailberita/1003/2023/09/13/pengumuman-beasiswa-dinas-pendidikan-kabupaten-bengkalis-kembali-dibuka,-ini-persyaratannya). (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles