17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Kelvin Ramahenda Lolos Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional Berkat Binaan Prajurit Kodim 0303/Bengkalis

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Kelvin Ramahenda, siswa kelas X (Sepuluh) SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau ini berhasil mengukir sejarah dan mengharumkan nama daerah di tingkat nasional. Berdasarkan hasil seleksi yang telah dilaksanakan selama 4 hari sejak 26 sampai dengan 29 Mei lalu, putera dari pasangan Mahsudi dan Endah Nozalia ini dinyatakan lolos seleksi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional sempena Upacara Kemerdekaan RI ke-78 tahun, 17 Agustus 2023 mrndatang di Jakarta.

Hasil membanggakan itu diketahui tim Central News dari Komandan Kodim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto saat dihubungi lewat telepon selularnya. Sebagaimana dikatakan Endik, Kelvin dinyatakan lolos seleksi berdasarkan surat dari Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) nomor 050/BKBP-BID.I/V/2023/638 tentang pemberitahuan hasil seleksi Paskibraka tingkat nasional dan provinsi tahun 2023.

Secara gamblang tercantum dalam surat tersebut nama Kelvin Ramahenda utusan Kabupaten Kepulauan Meranti dinyatakan lolos menjadi kandidat Paskibraka Nasional. Kabar itu jelas sangat menggembirakan, mengingat Kelvin merupakan pengukir sejarah perdana asal wilayah tersebut yang lolos seleksi menjadi pasukan pengibar bendera pusaka di Jakarta.

Baca Juga :  Karutan Kelas I Tanjung Pinang Minta Nasihat Kapolda Kepri Yan Fitri

“Ananda Kelvin ini jadi satu-satunya pelajar yang lolos seleksi menjadi kandidat Paskibraka tingkat Nasional asal Kabupaten Kepulauan Meranti, yang merupakan teritorial Kodim 0303 Bengkalis. Sebagaimana diketahui, jejak keberhasilannya merupakan hasil jerihpaya pembinaan serta rangkaian pelatihan multidisipliner yang dilakukan prajurit Kodim 0303 Bengkalis yakni Serma Agus Waskito Prabowo selaku Batuut Koramil 02/Tebing Tinggi dan Babinsa Serda Pardin,” kata Letkol Endik YH.

“Keberhasilan Babinsa dan prajurit kita dalam membina ananda Kelvin hingga dinyatakan lolos seleksi nasional turut menjadi kebangaan bagi kita semua. Dimana, TNI Angkatan Darat terus menunjukkan konsistensinya dalam memberi manfaat bagi seluruh masyarakat, tak terkecuali di kalangan pendidikan,” ungkapnya.

Sepanjang perjalanannya hingga dinyatakan lolos menjadi kandidat Paskibraka Nasional, pelatihan dan pembinaan terhadap Kelvin oleh prajurit Koramil 02/TT, Distrik 0303 Bengkalis sangatlah keras dan tak main-main. Pihaknya tak ingin berlengah diri, hingga mempersiapkan Kelvin serta seluruh kandidat lainnya dengan penuh keyakinan.

Baca Juga :  Tinjau Posko Pemenangan, Cermin Optimis Menang di Pulau Tiga Barat
Dibina Prajurit Kodim 0303, Pelajar asal Meranti Ukir Sejarah Lolos Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional | Foto: Bres

Serma Agus menceritakan, jalan yang ditempuh ananda Kelvin sampai pada saat ini tidaklah mudah. Berkali-kali pelajar tersebut harus menahan diri untuk tidak tergoda dengan gaya hidup rekan sebayanya. Kesehariannya, Kelvin ditempah menjadi pelajar yang tangguh dan disiplin. Usai belajar di sekolah, ianya langsung dilatih oleh prajurit Koramil 02/TT terkait tata cara baris berbaris, mengatur stamina dan kesehatan, mengendalikan emosi dan harmoni serta disiplin waktu.

Selain itu, ianya juga telah melalui rangkaian tes seperti Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest bahkan Mental Ideologi Pancasila. “Berkat niatnya yang sangat keras ditambah pembinaan yang kita lakukan atas instruksi Dandim 0303 Bengkalis melalui Danramil 02/TT, ananda Kelvin berhasil lolos menjadi kandidat Paskibraka tingkat Nasional. Dan dia, merupakan satu-satunya delegasi Kabupaten Kepulauan Meranti pertama yang berhasil lolos hingga mengharumkan nama daerah di tingkat nasional. Keluarga dan seluruh masyarakat pasti bangga,” kata Serma Agus, pembina sekaligus pelatih Kelvin.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Menyapa Warga Ranai di Warung Kopi

Pasca dinyatakan lolos seleksi, Kelvin selanjutnya bakal mengikuti pelatihan tingkat nasional (Pelatnas) di Jakarta dan dikarantina sampai pada waktu tertentu. Pada harinya, Kelvin akan berbaur dalam pasukan pengibar bendera sempena hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di Jakarta.

“Atas keberhasilannya, kami sangat bangga sebagai pelatih. Kelvin, perlu diingat, tetap jaga disiplinnya selama pelatihan di Jakarta. Penampilanmu nantinya sebagai kandidat Paskibraka nasional adalah kebanggan bagi kami,” pesan Batuut kepada Kelvin. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles