18.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Kasiter Korem 031 WB Bahas Penanganan Stunting di Sasaran TMMD, Letkol Endik: Siap!

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 031 Wira Bima, Letkol (Inf) Hipni M. F membahas pengentasan Stunting atau gejala (kesehatan) fisik berupa kekerdilan kala berkunjung ke Posko Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) di Dusun Sialang Muda, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau, Kamis (28/4).

Kepada Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto Hipni meminta agar polemik kekerdilan atau dewasa ini acap kali disebut Stunting dapat ditangani maksimal dengan melibatkan unsur pemerintahan, masyarakat dan tenaga medis.

“Terkait stunting, tolong juga ditangani selama TMMD berlangsung di wilayah ini. Karya bakti kita sebagai prajurit tak melulu tentang perang dan pembangunan, tapi juga melingkup dunia kesehatan. Kita mau, kehadiran prajurit sempena TMMD di wilayah ini juga dapat mengentaskan atau minimal memberi edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan stunting,” bahas Letkol Hipni dengan Letkol Endik di Pos Komando.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau
Kasiter Korem 031 WB dan Dandim 0303 Bengkalis bahas pengentasan Stunting | Foto: Bres

Terkait hal itu, Endik mengaku siap dan ternyata telah memiliki taktik jitu. Ia bekal melibatkan personel Puskesmas Pembantu (Pustu) dan tenaga dari Dinas Kesehatan (Nakes) guna mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Stunting dan mengajak masyarakat di sekitar wilayah sasaran TMMD untuk menjalani hidup sehat serta senantiasa memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh, terutama anak-anak.

“Siap! Kita libatkan nakes dari Pustu atau Dinkes untuk membantu menangani terkait Stunting maupun polemik penyakit lainnya. Juga akan ada penyuluhan kesehatan di tengah masyarakat. Petugas berkompeten dibantu prajurit Kodim 0303 Bengkalis kita hadirkan untuk memberi manfaat luas di bidang kesehatan. Jadi, warga sekitar tak perlu jauh-jauh ke kota untuk periksa kesehatan, semua akan kita layani sepanjang pelaksanaan TMMD,” ungkap Dandim Bengkalis.

Baca Juga :  Tinjau Posko Pemenangan, Cermin Optimis Menang di Pulau Tiga Barat

Guna memaksimalkan rencana tersebut jelang pembukaan TMMD bulan Mei mendatang, pihaknya telah lebih dulu mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung serta akan mendatangkan ratusan prajurit untuk menunaikan baktinya di tengah masyarakat.

“Bisa kita layani (pemeriksaan kesehatan) di Posko atau dengan mendatangi warga ke rumah-rumah. Intinya, akan kita laksanakan dengan maksimal. Satgas TMMD ke-113 tahun 2022 ini akan bertugas dengan maksimal dalam melayani dan mengabdi bagi masyarakat,” pungkasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles