22.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Karhutla di Pangkalan Libut Padam, Babinsa Mandau dan Tim Gabungan Tajak Pendinginan

CENTRALNEWS.ID, DURI – Berjibaku selama dua hari berturut-turut, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau akhirnya berhasil ditakhlukkan oleh Babinsa Koramil 03 Mandau dan tim gabungan, Selasa (8/8).

Berdasarkan laporan terbaru, karhutla pada lahan gambut bervegetasi semak belukar seluas (±) 2 hektare lahan yang ada di sekitar areal Proyek 10 Sakai RT03/RW03 tersebut padam berkat pemadaman intens yang digelar sejak Senin lalu.

Komandan Koramil (Danramil) 03 Mandau Kapten Arh. Jemirianto mengatakan, menjelang Selasa sore para Babinsanya, yakni Serda Paino dan Kopda Yusuf terus upayakan pendinginan pada koordinat 1°0’35,080” North, 101°2’63,023 East bersama tim gabungan lainnya.

Baca Juga :  Kurangi Jumlah RTLH, Cen Bangun 431 Unit BSPS di Natuna
Karhutla di Pangkalan Libut Padam, Babinsa Mandau dan Tim Gabungan Tajak Pendinginan | Foto: Bres

“Statusnya, padam. Saat ini Babinsa kita bersama tim gabungan melanjutkan pendinginan agar tunggul-tunggul pohon dan kayu kering yang sempat terbakar tak lagi galak tersebab bara api yang masih tersisa,” kata Kapten Jemi.

Perangkat mesin pemadam masih digelar. Untuk maksimalkan pendinginan di seluruh permukaan gambut yang terbakar. “Lahan yang terbakar milik saudara Pangil yang berdomisili di wilayah Surya Minang, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib. Saat ini pendinginan kita lakukan bersama Polri, Damkar, BPBD, Manggala Agni, MPA dan masyarakat setempat,” katanya lagi.

“Jarak lokasi kebakaran sekira 50 kilometer dari Koramil 03 Mandau. Luas yang terbakar sekira 2 hektar dan telah berhasil kita padamkan,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles