17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Karhutla di Buluh Apo Padam Total, Danramil 03 Mandau: Jangan Buka Lahan dengan cara Dibakar

CENTRALNEWS.ID, DURI – Sekira lima hari berjibaku di belantara Gambut, prajurit TNI Angkatan Darat di wilayah Kodim 0303 Bengkalis dari Koramil 03 Mandau akhirnya berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Buluh Apo, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau.

Dandim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto melalui Danramil 03 Mandau Kapt. Arh. Jemirianto membenarkan kabar baik itu, Minggu (9/7). “Karhutla pada koordinat 1°8’15,21” North dan 101°7’35,754” East padam total, tidak ada lagi asap yang keluar dari rekahan lahan gambut. Lahan yang terbakar bervegetasi belukar dan kelapa sawit dengan luas sekira 2,5 Hektare. Seluruhnya padam total,” kata Kapt. Jemirianto.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri

Padamnya karhutla yang berjarak sekira 34 kilometer dari markas Koramil 03 Mandau tersebut dapat terwujud berkat kegigihan para Babinsa bersama satuan tugas (Satgas) Karhutla. Sejak awal terdeteksinya titik api, pihaknya terus gencarkan pemadaman lewat darat dan udara serta pendinginan pada lahan yang masih mengeluarkan asap.

Potensi kebakaran susulan dicegah dengan baik lewat pendinginan, alhasil pada Minggu petang lahan tersebut tak lagi terpantau mengeluarkan asap sisa kebakaran. “Situasi di lapangan kondusif,” ujarnya.

“Kita berharap hujan turun sampai ke lokasi agar bara api bisa benar-benar padam total. Dengan ini kita imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan atau pertanian dengan cara dibakar. Dampak karhutla sangat fatal dan harus kita cegah bersama,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles