18.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Kami Rindu Nasi Padang, Gubernur Kepri Sambut Wisman Perdana dari Singapura

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyambut langsung kedatangan perdana wisatawan dari Singapura di Pelabuhan Nongsapura Kota Batam, sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu (23/2/2022).

Kedatangan turis perdana itu merupakan hasil kerjasama dalam skema travel bubble antara Batam, Bintan dengan Singapura (BBS).

“Alhamdulillah, usaha kita bersama selama kurang lebih dua tahunan ini membuahkan hasil. Welcome to Kepulauan Riau, ” kata Gubernur Kepri Ansar saat menyambut kedatangan wisatawan di Nongsa Sensation, Nongsa, Batam.

Sebanyak 28 turis Singapura tersebut berlayar menggunakan kapal feri Batam Fast dari Terminal Feri Tanah Merah Singapura.

Setibanya di Nongsapura, mereka langsung menajalani prosedur protokol kesehatan.

Mulai dari cek suhu badan, melakukan tes PCR, pengambilan blue pass, check-in aplikasi PeduliLindungi melalui QR Code melalui ponsel.

Setelah itu, wisatawan langsung menuju hotel untuk menunggu hasil swab PCR tersebut.

Gubernur Kepri Ansar mengakui, pemerintah Singapura masih membatasi warganya berpergian ke luar negeri.

Saat ini, Otoritas Imigrasi dan Otoritas Pelabuhan Singapura membatasi 350 orang ke Batam dan 350 orang ke Singapura per minggu.

Pemprov Kepri, kata Ansar, akan terus berusaha agar setiap harinya ada kunjungan, minimal 50 orang perhari.

“Hari Jumat besok (25/2/2022), kita akan kembali kedatangan 51 wistawan dari Singapura di kawasan wisata Lagoi Bintan,” kata Ansar.

Sedang untuk kunjungan sebaliknya, yakni warga negara Indonesia yang akan ke Singapura, masih sebatas lewat perjalan udara melalui Bandara Internasional Soekarno Hata.

Sedangkan sekema vactinated travel line (VTL) Laut masih belum dibuka.

“Kita berharap, kunjungan wisatawan yang masuk ke Kepri, akan mengembalikan garirah sektor pariwisata. Sejauh ini perekonomian Kepri terus bergerak pascapandemi, namun belum sektor pariwisatanya,” jelas Ansar.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk terus melakukan vaksinasi, termasuk vaksinasi dosis ketiga.
Sebab, vaksinasi akan menciptakan kekebalan komunal atau kelompok terhadap penyeberan Covid-19, termasuk varian omicron.

Salah seorang turis bernama Jacson Tay mengaku sudah dua tahun menunggu untuk bisa ke Batam lagi.
Ia bahagia akhirnya bisa berkunjung kembali ke Batam.

Tay mengaku rindu dengan masakan seperti nasi padang, kikil, sup buntut dan ayam penyet. Tay berharap setiap saat bisa selalu kembali ke sini.

“Kami sudah rindu untuk kembali bisa berwisata ke Batam, kapan saja, ” katanya.

Chairman Nongsa Sensation, Anddy Fong mengatakan, kesiapannya menyambut wisatawan sudah jauh hari dilakukan, menyusul ditunjukanya kawasan Nongsa sebagai tempat titik awal kedatangan wisatawan menggunakan jalur laut.

Nantinya, selama berada di Nongsa Sensation wisatawan dari Singapura bisa menikmati beberapa resort dan golf.

Di antaranya, Montigo Resort, Batamview Resort, Nongsa Point Marina Resort dan juga Turi Beach Resort.

Mereka juga diperbolehkan untuk bermain golf di dua titik, Tering Bay Golf dan juga di Palm Spring Golf yang semuanya berada di kawasan Nongsa Sensation.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar menyebutkan, wisman yang datang ke Batam diperbolehkan sebanyak-banyaknya, tapi wisman yang pulang dari Batam ke Singapura dibatasi hanya 350 orang seminggu.

Sebab, baru satu pintu pelabuhan yang dibuka oleh Otoritas Imigrasi dan Pelabuhan Singapura (MPA), yakni Terminal Feri Tanah Merah Singapura.

“Hari ini perdana 28 orang. Semuanya warga Negara Singapura. Jumat, turis juga masuk perdana di Lagoi, Bintan. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi pariwisata Kepri,” kata Buralimar yang mendampingi Ansar bersama Asisten Deputi Penguatan Kawasan Kemenko Perekonomian, Kartika Listriana serta Asisten II Pemerintah Provinsi Kepri, Syamsul Bahrum.

Untuk melayani para turis ini, sudah disiagakan Satgas sebanyak 30 orang dari kelurahan setempat, pengawasan CIQP serta manajemen hotel.(dkh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles