23.8 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Jaga Kebersihan Lingkungan, Koramil 03 Mandau Gelar Karya Bakti di Talang Mandi

CENTRALNEWS.ID, DURI – Koramil 03 Mandau di bawah pimpinan Kapten Arh. Jemirianto gelar karya bakti di kelurahan Talang Mandi, kecamatan Mandau dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan serta mencegah terjadinya banjir akibat penumpukan sampah di bilangan jalan lintas Sumatera, sektor Talang Mandi – Duri, Jumat (12/1).

 

Kerahkan para Babinsa, pihaknya bersinergi dengan perangkat kelurahan Talang Mandi, petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kalangan pemuda dan warga serempat dalam membersihkan bahu jalan di Simpang Wonosobo, Sebanga – Duri dari serakan bahkan penumpukan sampah.

Kapten Jemirianto saat dikonfirmasi mengatakan, giat tersebut digalakkan dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan masyarakat dalam mewujudkan sanitasi yang prima dengan mengedepankan sinergitas antara TNI Angkatan Darat, instansi pemerintah dan masyarakat sebagai elemen terkuat yang tak dapat dipisahkan.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan

Hal ini, kata Danramil, juga senada dengan tema hari juang TNI Angkatan Darat yang digaungkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, yakni “TNI AD bersama Rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI”. Bsrangkat dari gagasan itu, pihaknya berkomitmen menjaga alam tetap hijau, bersih dan lestari demi terjaganya keberlangsungan hidup masyarakat yang sehat dan terbebas dari ancaman penyakit karena tidak terpeliharanya kebersihan lingkungan akibat tumpukan sampah.

“Bersama dengan itu, kita bersama para pihak terkait bersinergi dalam menumpas keberadaan tempat pembuangan sampah (TPS) ilegal yang ada di wilayah Duri. Masyarakat kita ajak untuk membuang sampah pada dump atau bak sampah yang telah disediakan oleh DLH di berbagai tempat untuk mempermudah proses pengumpulan dan pembuangannya menuju tempat pembuangan akhir,” ujarnya.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan

Tak hanya itu saja, pihaknya juga mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dengan membuat plang imbauan di berbagai tempat agar dapat dijadikan panduan menjaga kebersihan yang berkelanjutan. “Plang imbauan sudah kita pasang, semoga ini bisa diikuti oleh masyarakat dan sifatnya berkelanjutan. Jadi kita harap edukasi ini bermanfaat dan bisa mendukung program kerja pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dan apabila terdapat warga yang masih kedapatan tidak tertib membuang sampah, akan kita tegus dengan humanis. Bila berulang, akan kita tindak tegas bersama dengan aparat terkait sesuai dengan aturan yang telah dipampang dalam berbagai plang imbauan yang telah kita pasang di lokasi,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles