21.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Ini Alasan Pemkab Bintan Jadikan Istana Kota Kara Sebagai Lokasi Kirab Obor

CENTRALNEWS.ID, BINTAN –Hari ini (31/10),  pesta pekan olahraga provinsi (Porprov) Kepri di Kabupaten Bintan mulai terasa. Hal ini ditandai saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan sebagai tuan rumah Porprov Kepri ke V memulai kirab obor di Lapangan Bintan Bekapur pagi tadi.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan Pemerintah Daerah memilih Lapangan Bintan Bekapur itu sebagai titik awal kirab obor untuk mengenang sejarah. Menurut sejarah, di Istana Kota Kara  itu pernah berdiri sebuah kerajaan di Kepulauan Riau (Kepri). 

“Kerajaan ini bisa dikatakan sebagai kerajaan tertua di tanah Melayu. Hal ini berdasarkan situs yang ada di tempat ini,”ujarnya. 

Berdasarkan cerita pusaka yang melegenda di sekitar Kawasan Bukit Batu dan Sekuning menyebutkan bahwa kota kata merupakan tempat kediaman raja. Raja itu memerintah bahkan sebelum adanya kerajaan Melayu Singapura, Johor Malaka dan Riau bahkah sebelum adanya kerajaan Siak Indrapura sekalipun.

Berdasarkan fakta sejarah itu pula, Roby meyakini bahwa kedepan Bintan akan menjadi Kabupaten terdepan di tanah air melalui motto Bintan Bangkit.

“Istana Kota Kara akan menjadi saksi menyalanya api obor simbol semangat para atlet terbaik Bintan. Di sini kita menabur harapan dengan berkumpulnya kita di sini, akan menjadi titik terang bangkitnya Bintan,”timpalnya. 

Berdasarkan SK Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kepri No 050/KoniKepri/SK/XI/2021, Bintan ditetapkan sebagai Tuan Rumah pelaksanaan dan langsung disambut dengan segala persiapan. Tak hanya persoalan venue, skill para atlit Bintan pun terus digempur untuk mengukir sejarah bagi Bintan. 

Kirab Api Obor Porprov Kepri Ke V ini akan mengelilingi Kabupaten Bintan mulai dari Istana Kota Kara (Bintan Bekapur) mengarah ke Seri Kuala Lobam untuk selanjutnya menuju Gedung Nasional Tanjung Uban. Selanjutnya melewati jalan lama di Terminal Simpang Lagoi dan kembali ke ruas Lintas Barat menuju Pasar Tani.

Rangkaian kirab berlanjut menuju Gedung Community Centre Kawal dan mengarah ke Gedung LAM Bintan. Kemudian menuju titik finish di Kantor Bupati Bintan (Bandar Seri Bentan) untuk disemayamkan sebelum tanggal pembukaan. (Ndn)

Baca Juga :  Kurangi Jumlah RTLH, Cen Bangun 431 Unit BSPS di Natuna

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles