12.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Hanya 4 Hari Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 1443 Hijiriah

CENTRALNEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022.

Pemerintah kemudian menetapkan 4 hari cuti bersama Idul Fitri 2022. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April 4, 5 dan 6 Mei 2022,” kata Presiden.

Keputusan cuti bersama tersebut kata Presiden akan diatur lebih rinci melalu keputusan bersama menteri-menteri terkait. Cuti bersama tersebut kata Presiden dapat digunakan untuk bersilaturahmi.

“Dengan orang tua, keluarga dan handai tolan di kampung halaman,” katanya.

Meskipun demikian Presiden Jokowi mengingatkan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai. Oleh karena itu ia meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap penularan Covid-19 saat libur Idul Fitri 2022.

Baca Juga :  352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk Melalui Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom

“Bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah melarang aktivitas mudik Lebaran pada tahun 2020 dan tahun 2021 dikarenakan kenaikan kasus Covid-19 di tanah air.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah memperbolehkan warga pulang ke kampung halaman, namun tetap dengan protokol kesehatan ketat.

Salah satunya adalah kewajiban melakukan vaksinasi. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo menginginkan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 diatur secara tepat dan ketat.

“Presiden juga meminta agar pelaksanaan perjalanan mudik tahun ini betul-betul diatur secara tepat dan yang ketat, betul-betul tidak menimbulkan risiko-risiko yang tidak perlu sehingga semua orang bisa menikmati mudiknya dengan gembira dan sampai tujuan dengan selamat,” ujar Muhadjir seperti dikutip dari video keterangan pers yang diunggah di laman Sekretariat Kabinet.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri

Dalam rapat kabinet tersebut, Muhadjir mengatakan, terdapat beberapa hal yang dibahas terkait mudik Lebaran 2022, termasuk di dalamnya persiapan mudik, penyaluran bantuan sosial (bansos), serta peningkatan cakupan vaksinasi dan kebutuhan vaksin di wilayah asal atau tujuan mudik.

Terpisah, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pihaknyatelah melakukan survei terkait potensi warga yang akan mudik pada momen Idul Fitri 1443 H/2022.

Survei yang dilakukan pada 9-21 Maret 2022 ada sebanyak 79 juta orang warga akan melakukan mudik di seluruh Tanah Air. Dan, 13 juta orang di antaranya merupakan warga Jabodetabek.

“Ada 79,4 juta orang warga yang akan mudik, dan diantaranya 13 juta orang berasal dari Jabodetabek,” kata Budi.

Baca Juga :  Roby Kurniawan; Mari Pertahankan Pancasila Dengan Mengamalkan Nilai Yang Terkandung di Dalamnya

“Jadi bisa dikatakan jumlah warga Jabodetabek yang akan mudik banyak sekali,” tambahnya.

Menhub juga mengatakan, pihaknya telah mendapat instruksi langsung dari Presiden Jokowi guna mengawasi warga yang akan mudik.

Ia juga mencatat, akan ada 40 juta orang yang akan melakukan mudik menggunakan mobil pribadi maupun sepeda motor.

Lalu, ada 26 juta orang yang akan menggunakan transportasi darat umum, pesawat udara 8 juta orang, kereta api 8 juta orang, transportasi laut 1 juta ornag dan jenis transportasi alternatif lainnya.

“Oleh karenanya ini harus dicermati dengan baik, kami sudah berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan upaya-upaya yang baik,” terang Menhub Budi.(Central Network/mzi/dkh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles