23.8 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Gunakan Perahu Karet, Prajurit Kodim 0303 dan Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Meranti

CENTRALNEWS.ID, KEPULAUAN MERANTI – Gunakan perahu karet, Prajurit Koramil 02 Tebing Tinggi, Kodim 0303 Bengkalis bantu evakuasi warga terjebak banjir di Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti – Riau. Hal itu dibenarkan Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto melalui Danramil 02/TT Kapt. Arh. Isnanu kala dikonfirmasi lewat telepon selularnya, Rabu (25/1).

Dijelaskan Isnanu, bencana hidrologi tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan dan naiknya permukaan air laut. Akibatnya, debit air tak terbendung dan menyasar permukiman penduduk, fasilitas umum, jalan bahkan lahan pertanian.

Gunakan Perahu Karet, Prajurit Kodim 0303 dan Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Meranti | Foto: Bres

Tersebab keadaan itu, banyak warga yang terdampak dan terjebak genangan air. Memandang genting situasi di lapangan, Danramil 02/TT bersama para prajurit dan tim gabungan penanggulangan bencana segera ambil tindakan dengan menerjunkan armada berupa perahu karet.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

“Benar, gunakan perahu karet kita evakuasi warga yang terjebak banjir. Kita evakuasi ke Posko yang merupakan tempat yang lebih aman dan tinggi serta terhindar dari genangan banjir,” kata Kapten Isnanu

Secara bergantian, warga dibawa menggunakan perahu karet. Beberapa diantaranya merupakan anak di bawah umur, bahkan balita. “Evakuasi kita lakukan mengingat banjir sukar surut tersebab turut meningginya permukaan laut. Alhamdulillah, semua aman. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini,” ujarnya.

Gunakan Perahu Karet, Prajurit Kodim 0303 dan Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Meranti | Foto: Bres

Terpisah, Dandim 0303 Bengkalis saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Ia meminta seluruh personel di wilayah terdampak bencana seperti banjir maupun abrasi untuk tetap awas memantau perkembangan di tengah masyarakat, utamanya terkait keselamatan warga.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Minta Nahdlatul Ulama Menjaga Kerukunan di Kepri

“Keselamatan masyarakat adalah prioritas. Prajurit kita tetap stanby di lapangan sampai situasi membaik. Utamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi,” pesan Letkol. Inf. Endik YH, Dandim 0303 Bengkalis menyemangati prajuritnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles