23.8 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Garap Pekarangan Markas, Danposramil Bathin Solapan Sukses Panen 4,5 Kwintal Jagung

CENTRALNEWS.ID, DURI – Sejak beberapa waktu lalu Komandan Pos Rayon Militer (Danposramil) Bathin Solapan, Letda. Arh. Rickman Sinaga kian fokus kelola pekarangan dan lahan yang ada di sekeliling markasnya menjadi kebun. Sejumlah bibit tanaman pun disemai, seperti cabai rawit, sayuran, ubi hingga jagung.

Beberapa diantaranya telah berulang kali dipanen sebagai wujud nyata kehadiran TNI Angkatan Darat di tengah masyarakat dalam mengentaskan inflasi, membantu perekonomian masyarakat, serta sebagai ajang edukasi bercocok tanam produktif di lahan terbatas yang kemudian banyak dicontoh oleh masyarakat sekitar guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bertepatan hari ini, Rickman dan para Babinsa kembali masuki masa panen raya. Beriring cuaca yang sejuk, pihaknya bersama masyarakat dan kelompok tani setempat laksanakan panen raya jagung. Benar, jagung yang dipanen hari ini juga ditanam di sekitar pekarangan markas Posramil Bathin Solapan, Koramil 03 Mandau – Distrik Militer 0303 Bengkalis.

Baca Juga :  Cermin Kembali Blusukan ke Tengah Masyarakat, Janji Perjuangkan Kesejahteraan Nelayan

“Berkat Rahmat Tuhan yang Maha Esa, hari ini kita bisa memanen jagung yang beberapa bulan lalu kita tanam di sekitar pekarangan Pos Koramil Bathin Solapan ini. Bersama masyarakat dan kelompok tani, kita berhasi mengumpulkan hasil panen seberat 450 kilogram atau 4,5 kwintal,” kata Letda. Arh. Rickman Sinaga mewakili Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Arh. Irvan Nurdin, Rabu (6/9).

Kelola Pekarangan Markas, Danposramil Bathin Solapan Panen 4,5 Kwintal Jagung | Foto: Bres

Tak ketinggalan dalam suasana tersebut, perangkat desa Air Kulim, desa Boncah Mahang bahkan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kecamatan Bathin Solapan turut hadir dan saling membantu menuai hasil panen.

Kwintal demi kwintal panen jagung kemudian dikumpulkan dengan sinergitas TNI AD bersama elemen pemerintahan dan masyarakat. Letda Rickman mengatakan, hasil panen yang diperoleh selanjutnya dibagikan secara gratis kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian prajurit dalam membantu kesulitan masyarakat dalam bidang pangan.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau

“Sebab jagung yang kita panen hari ini bisa dijadikan bahan makanan pengganti beras. Manfaatnya sangat banyak, makanya kita bagikan gratis kepada masyarakat untuk dapat dikelola dengan baik. Selain itu, hasil panen juga akan kita olah dengan mandiri menjadi aneka bahan makanan sehat dan bergizi yang akan diberikan kepada anak-anak sebagai tambahan asupan nutrisi dalam upaya menurunkan prevalensi angka Stunting di Kecamatan Bathin Solapan ini. Tidak hanya itu saja, hasil panen juga akan kita manfaatkan sebagai bibit unggulan untuk melanjutkan penanaman berikutnya sebagai wujud keseriusan kita terhadap program ketahanan pangan yang berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat,” paparnya.

“Untuk hari ini, total jagung yang berhasil kita panen seberat 4,5 kwintal. Besok kita lanjutkan panennya, karena masih ada yang belum sempat kita ambil tersebab gangguan cuaca hujan lebat,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles