22.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Gajah Codet Rambah Perkebunan Warga Duri, BBKSDA Riau Lakukan Penggiringan

CENTRALNEWS.ID, DURI – Warga di jalan Siak, Kecamatan Bathin Solapan – Duri, Kabupaten Bengkalis dihebohkan dengan aktifitas Gajah Sumatera yang melintas dan merambah perkebunan, Minggu (11/9).

Beranjak dari perkebunan warga, Gajah Solitaire yang biasa dipanggil ‘Codet’ ini sempat mendekati areal kandang ayam milik warga sekitar. Kabar itu turut dibenarkan Kepala Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman S. Hasibuan melalui Plt. Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Hartono.

Disampaikan Hartono, aktifitas si Codet yang merambah masuk ke perkebunan warga diperoleh dari warga sekitar. “Warga menyampaikan bahwa si Codet masuk ke perkebunan pada hari Minggu, 11 September 2022. Setelahnya, segera kita kerahkan petugas Pusat Latihan Gajah (PLG) Sebanga untuk turun ke lokasi guna memantau pergerakannya,” kata Hartono, Senin (12/9).

Gajah Codet melintas di jalan Siak – Duri | Foto: Bres

Gajah solitaire bernama latin Elephas Maximus Sumatranus itu diketahui sudah menjauh dari kandang ayam dan meninggalkan jalan Siak Duri menuju ke arah jalan Rangau, dekat SPBU di kilometer 6, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau.

“Segera pula tim menyampaikan sosialisasi agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan satwa dilindungi tersebut. Saat ini tim masih memonitor pergerakan gajah Codet untuk selanjutnya akan dilakukan penggiringan,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles