16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0303 Bengkalis Tanam Padi Seluas 181 Hektare di Mentayan

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Sempena mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Kabupaten Bengkalis – Riau, Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto kerahkan prajuritnya galakkan penanaman padi di wilayah Desa Mentayan, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis – Riau, Kamis (15/6).

Dipimpin Kapten. Cpl. Farimus Hendriko, Danramil 01 Bengkalis, prosesi penanaman padi diikuti sebanyak 50 orang perwakilan dari tokoh masyarakat, Polri, perangkat Desa, perangkat BPD, para Kelompok Tani dan anggota Koramil 01 Bengkalis.

Penanaman padi dilakukan pada bidang sawah seluas 181 hektare di jalan Mentayan RT001/RW001 Dusun Permai, Desa Mentayan. Kegiatan itu diinisiasi Kodim 0303 Bengkalis dengan melibatkan aparat desa, masyarakat dan kelompok tani untuk menyokong kemandirian pangan di Negeri Junjungan dan Riau secara umum. Aksi itu merupakan wujud keberlanjutan program 1.000 hektare lahan ketahanan pangan Korem 031 Wira Bima dengan melibatkan seluruh jajaran kewilayahan yang tersebar di Riau guna memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekaligus membantu pemerintah daerah dalam menekan laju inflasi di pasar.

Prajurit Kodim 0303 Bengkalis inisiasi penanaman padi di Mentayan dukung program ketahanan pangan | Foto: Bres

“Dengan demikian, kita harap program penanaman padi ini mampu menjadi contoh baik bagi masyarakat dalam mendukung terwujudnya kemandirian pangan di Kabupaten Bengkalis. Setelah ditanam, padi pada bidang lahan seluas 181 hektare ini selanjutnya akan dirawat oleh Babinsa dengan melibatkan kelompok tani dan masyarakat. Kita harap cuaca dan kondisi alam mendukung agar hasil panen mendatang bisa melimpah, agar stok pangan di wilayah kita bisa terjaga dengan harga yang tidak membebani daya beli masyarakat,” kata Kapten Hendriko wakili Dandim 0303 Bengkalis.

Setelah menanam padi secara serentak dengan seluruh tamu undangan, Danramil tampak menyerahkan bantuan kepada para kelompok tani berupa pupuk dan pembasmi hama. Hal itu digesa untuk mengatasi kesulitan yang dialami, mengingat para petani sangat sukar mendapatkan stok pupuk dan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di pasaran.

“Kendala pupuk nantinya akan kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait lebih lanjut agar para petani kita bisa dengan mudah memeroleh pupuk bersubsidi dalam upaya memaksimalkan hasil panen padi program ketahanan pangan 1.000 hektare Korem 031 Wira Bima di teritorial Kodim 0303 Bengkalis,” tegasnya.

Prajurit Kodim 0303 Bengkalis inisiasi penanaman padi di Mentayan dukung program ketahanan pangan | Foto: Bres

Kapten Hendriko mengatakan, program Hanpangan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga di masyarakat secara cukup, baik dari segi jumlah maupun mutunya, keamanan, kemerataan dan dengan harga yang terjangkau sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 20 tahun 2006 tentang Irigasi Ketahanan Pangan yang dapat diwujudkan melalui keberlanjutan sisten irigasi, pengembangan hingga operasi.

“Kita harapkan, program ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat secara umum sekaligus menekan inflasi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bengkalis secara menyeluruh,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles