21.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Dikawal Ketat, Perayaan Natal di Kabupaten Bengkalis Kondusif

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2022 di Kabupaten Bengkalis, Riau berlangsung kondusif, Minggu (25/12).

Berbagai gereja yang tersebar merata di Negeri Junjungan sukses rayakan Malam Natal, Sabtu (24/12) yang puncaknya berlangsung meriah nan penuh damai, Minggu (25/12).

Ketenteraman umat Kristiani di Kabupaten Bengkalis dalam menjalankan prosesi peribadatan tak lepas dari peran berbagai elemen bangsa, meliputi Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Kodim 0303, Polres Bengkalis dan masyarakat secara umum.

Tanpa sinergitas berbagai pihak dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dalam menjalankan prosesi ibadah, Natal tahun ini tak akan berjalan mulus. Momen sakral Natal tahun ini berbinar damai, hal ini dibuktikan dengan keterlibatan berbagai pihak dalam mengawal ketat ibadah Natal di berbagai gereja.

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto bersama pihak terkait lainnya tampak berpatroli malam tadi. Berbagai gereja disambangi guna menjamin keamanan dan ketentraman umat Nasrani jalankan ibadah sempena Natal 2022.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Minta Nahdlatul Ulama Menjaga Kerukunan di Kepri
Tim gabungan laksanakan penjagaan ibadah Natal tahun 2022, Dandim 0303 Bengkalis turut serta. Prosesi Natal berjalan Khidmat | Foto: Bres

Mulai dengan mendatangi dan meninjau prosesi ibadah di Pusat HKBP Distrik XXX Riau Pesisir di HKBP Simpang Padang, Resort Simpang Padang – Duri, kemudian mendatangi gereja HKBP Bethania Ressort Dame, HKBP Kana, IFGF Gizi Kanaan dan berbagai gereja lainnya didatangi Dandim untuk menyapa jemaat sekaligus menjaga kondusifitas ibadah Natal.

“Saudara kita umat Kristiani yang jalankan ibadah Natal tahun 2022 ini kita pastikan ketentramannya. Kita kerahkan personel untuk mengawal seluruh rangkaian ibadah sempena Natal 2022 hingga ibadah Tahun Baru 2023 mendatang. Di wilayah Duri, saya dan unsur pimpinan terkait meninjau ke beberapa gereja. Sepanjang pengamatan, semua aman dan kondusif,” kata Letkol Endik, Minggu (25/12).

“Sepanjang adanya ibadah sampai pada malam pergantian tahun mendatang, penjagaan tetap disiagakan. Ada yang standby ada pula mobile, kita pastikan Natal dan Tahun Baru aman dan menebar suka cita. Sempena itu, kami haturkan Selamat Natal bagi umat Kristen yang merayakan,” ungkapnya berpesan.

Baca Juga :  Polda Kepri Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Selain di Duri, penjagaan Natal juga dilakukan di wilayah Pulau Bengkalis oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0303 Bengkalis, Mayor. Arh. Sudiyono. “Dari Pulau Bengkalis kami informasikam bahwa perayaan Natal kondusif, kita kawal dengan guyub agar seluruh prosesi ibadah berlangsung khidmat,” ujar Mayor Sudiyono.

Tim gabungan laksanakan penjagaan ibadah Natal tahun 2022, Dandim 0303 Bengkalis turut serta. Prosesi Natal berjalan Khidmat | Foto: Bres

Mendapat perhatian, dukungan bahkan penjagaan rayakan Natal, Pimpinan Huria HKBP Dame, Ressort Dame, Pendeta Donni Pasla Tambunan, S.Th., MM mengaku bahagia. Seketika makna Natal yang identik dengan damai dan suka cita seolah makin semarak. Tak lupa, ia berterima kasih mendalam kepada seluruh pihak yang ikut lakukan penjagaan.

“Untuk Bapak/Ibu petugas dari unsur Pemerintah Kabupaten Bengkalis maupun TNI/Polri, yang berjaga sejak kemarin sampai dengan hari ini, kami ucapkan terima kasih. Terima kasih telah menjamin keamanan dan ketentraman prosesi ibadah Natal di Negeri Junjungan, terkhusus di Duri ini. Semoga Damai Natal senantiasa menyertai kita semua,” ujar Pendeta Donni.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri

“Sempena perayaan Natal, mari kita semua berharap dan berdoa agar Negara kita semakin maju, aman dan menjunjung tinggi toleransi di tengah kerukunan umat beragama. Kita semua berharap agar negara kita senantiasa penuh damai dan tentram, tanpa adanya rasa yang menciderai di tengah keberagaman. Mari kita jadikan Natal tahun ini momentum untuk saling menjaga, bertenggang rasa, menjunjung semangat juang gotong royong dan peka terhadap sesama. Selamat Natal bagi kita semua,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles