6.9 C
New York
Kamis, November 28, 2024

Diikuti 75 Peserta, Diskominfo Batam Gelar Bimbingan Teknis bagi Service Desk Tingkat 1

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam mengadakan Bimbingan Teknis bagi Service Desk Tingkat 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam pada Rabu (30/3/2022) di Aula Engku Hamidah Lantai 4 Kantor Wali Kota Batam.

Acara ini dibuka oleh Kepala Diskominfo Kota Batam yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Tyas Satria Manggala dan dihadiri sebanyak 75 orang peserta dari 39 OPD se-kota Batam.

Tyas mengatakan Service Desk Tingkat 1 adalah staf atau unit di perangkat daerah yang memiliki tugas dan wewenang sebagai pihak pertama yang dihubungi pengguna layanan TIK (single point contact) untuk selanjutnya menyelesaikan masalah TIK di perangkat daerah pemilik layanan.

Baca Juga :  Haru di Paripurna: Suara Ahmad Sapuari untuk Pengabdi yang Tak Terlihat

“Hal itu berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintahan Kota Batam,” kata Tyas.

Dijelaskannya bahwa bimtek ini terbagi menjadi tiga sesi yang diisi oleh narasumber dari Diskominfo Kota Batam. Sesi yang pertama membahas sekilas tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Service Desk

“Dipaparkan oleh Dodi Hamdani dan praktik penggunaan sistem tiket aduan yang dibimbing oleh Samsul Anwar,” ujarnya.

Dilanjutkan dengan sesi kedua tentang email.batam.go.id dan pentingnya menjaga keamanan akun email resmi batam.go.id serta aturan-aturan terkait penggunaan email yang disampaikan oleh Irpan Syarif.

Menurutnya pentingnya peran Service Desk tingkat 1 bekerja sama dengan Service Desk tingkat 2 dalam menyelesaikan permasalahan layanan SPBE.

Baca Juga :  Kesiapan Polres Natuna Pastikan Pilkada Damai, Gelar Apel Patroli Skala Besar Ops Mantap Praja Seligi 2024

Sesi kedua ditutup dengan praktik penggunaan email, sinkronisasi klien, pengaturan ulang sandi oleh Nadya Tri Ayunestina.

“Email resmi batam.go.id diharapkan dapat digunakan secara maksimal di setiap dinas dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Batam,” katannya.

Selanjutnya, sesi ketiga tentang troubleshooting jaringan disampaikan oleh Irpa Darojat. Penyampaian sesi ketiga berbeda dengan dua sesi sebelumnya, Irpa mengajak peserta bimtek untuk berpartisipasi dalam kuis tentang troubleshooting jaringan dengan tujuan untuk mendalami materi yang disampaikan.(dkh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles