22.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Danramil 03 Mandau Pimpin Pemadaman Karhutla di Kecamatan Talang Muandau

CENTRALNEWS.ID, DURI – Memasuki hari kedua, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di jalan Karya, Dusun II Tanjung Potai RT001/RW004, Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis – Riau masih berlangsung hingga detik ini, Minggu (18/6).

Hingga Minggu petang luas lahan gambut bervegetasi semak belukar pada koordinat 1°6’31” North, 101°36’29” East yang terbakar mencapai luas sekira 6 hektar. Berjarak sekira 80 kilometer dari markas Koramil 03 Mandau, Kapten Jemirianto segera berkoordinasi dengan Komandan Kodim 0303 Brngkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto dan mengerahkan pasukan terjun ke lokasi.

Pemadaman Karhutla di Kecamatan Talang Muandau | Foto: Bres

Tiba disana, Kapten Jemi segera pimpin giat pemadaman yang diikuti jajaran Babinsa yang turut hadir kala itu. Beralatkan 2 unit mesin Ministreker, 10 gulung selang dan 3 buah Nozle, ribuan liter air yang bersumber dari kanal sekitar disemburkan ke titik api.

Saat Kapten Jemi dan Satgas Karhutla Bengkalis berjibaku di darat, tim udara turut hilir-mudik mengerahkan satu unit Helikopter water boombing BNPB. Deruan air diguyur hingga berhasil memadamkan sekira 2 dari 6 hektare lahan yang terbakar.

Pemadaman Karhutla di Kecamatan Talang Muandau | Foto: Bres

“Sekira dua hektare sudah padam dan dilanjutkan pendinginan, sisanya masih terus diupayakan (pemadamannya, red),” ungkapnya.

Pemadaman Karhutla di Kecamatan Talang Muandau | Foto: Bres

“Selain pemadaman lewat darat, kita juga dibantu tim udara menggunakan Helikopter water boombing BNPB. Sampai petang ini kita masih upayakan pemadaman. Kita harap hujan segera turun, supaya api bisa benar-benar padam merata dan tidak sampai memicu bencana asap,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles