16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Danramil 03 Mandau Pimpin Panen Raya Jagung Sempena Program Ketahanan Pangan

CENTRALNEWS.ID, BATHIN SOLAPAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis laksanakan panen raya jagung perdana sempena program 1.000 hektar lahan ketahanan pangan (Hanpangan) Korem 031 Wira Bima di Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis – Riau, Selasa (7/3).

Panen raya perdana ini dilaksanakan pasca diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, Desember 2022 lalu. Komoditi jagung yang ditanam tampak berbuah maksimal, forum komunikasi pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Bathin Solapan yang hadir meliputi Camat M. Rusydy MR, S.STP., M.Si, Kades Bumbung Amiruddin dan segenap perangkat lainnya, bahkan masyarakat Suku Sakai tampak sumringah hadiri acara tersebut.

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto diwakili Danramil 03 Mandau, Kapt. Arh. Jemirianto mengungkap, hasil panen perdana itu diharap mampu menekan laju inflasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui, program 1.000 Hektare lahan Hanpangan ini kita garap dan tanami komoditas Padi, Jagung dan Kedelai yang merupakan kebutuhan pangan utama bagi masyarakat. Nah di Bathin Solapan ini, kita tanami jagung dan saat ini kita panen bersama,” kata Kapten Jemirianto didampingi Danposramil Bathin Solapan, Letda. Arh. Rickman Sinaga.

“Selain jagung, kedepannya akan kita perbanyak menanam padi, kedelai bahkan Labu Belanda yang merupakan komoditas ekspor. Next akan kita fokuskan lahan di Kelurahan Pematang Pudu, supaya kita bisa berjaya di bidang pertanian hingga berdampak langsung pada peningkatan pendapatan atau perekonomian masyarakat, utamanya petani,” harapnya.

Kodim Bengkalis Panen Raya Jagung Perdana Sempena Program Hanpangan 1.000 Hektar | Foto: Bres

Wakili Bupati Bengkalis, Camat Bathin Solapan M. Rusydy utarakan rasa bangganya kepada para prajurit Kodim 0303 sebab sejak awal telah fokus, komitmen dan berjibaku menggarap lahan-lahan tidur yang ada di Kecamatan Bathin Solapan menjadi keberkahan berujung panen raya nan bermanfaat besar bagi masyarakat.

Apa yang dikerjakan prajurit, kata Rusydy, sangat bermanfaat besar, utamanya dalam meningkatkan siklus perekonomian masyarakat sekitar. “Selain mendapat manfaat dari segi pendapatan, masyarakat kita di sekitar lahan Hanpangan juga jadi lebih mandiri dalam bertani karena cukup banyak ilmu yang diperoleh dari bapak-bapak Babinsa dalam hal bercocok tanam. Jadi jelas, sangat banyak manfaat yang kita terima. Kehadiran TNI Angkatan Darat di Kecamatan Bathin Solapan sangat memberi dampak baik berwujud kemandirian sosial ekonomi bagi masyarakat. Atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kecamatan Bathin Solapan kami ucapkan terima kasih. Kami bangga kepada seluruh prajurit Kodim 0303 Bengkalis,” serunya.

Senada, Kades Bumbung, Amiruddin selaku tuan rumah pelaksanaan acara sekaligus pusat panen raya jagung perdana sempena program 1.000 hektar lahan ketahanan pangan tersebut turut berterima kasih. “Terima kasih Pak Dandim dan jajaran, kami sangat bangga dan terbantu. Semoga kedepan program seperti ini bisa semakin galak di wilayah kami, kita semua siap bersinergi,” ujar Amir.

Rahman, petani setempat yang ikut diberdayakan Kodim 0303 Bengkalis dalam menggarap lahan Hanpangan tersebut tampak haru. Ia mengaku mendapat banyak ilmu dalam bidang pertanian, perawatan tanaman agar hasil panennya melimpah ruah. “Kita sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan hari ini. Sejal awal, kita petani disini sangat banyak mendapat ilmu. Utamanya dalam bidang pertanian, perawatan tanaman supaya hasil panennya melimpah,” kata Rahman.

“Atas apa yang terjalin hingga menghasilkan panen jagung perdana yang melimpah ini, kita panjatkan syukur kepada Allah SWT. Juga rasa salut kita kepada Kodim Bengkalis, terima kasih atas ilmu yang dibagikan kepada para petani disini. Semoga hal semacam ini bisa lebih sering dilaksankan kedepannya supaya perekonomian kami, masyarakat kecil bisa terbantu,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles