17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Danramil 03 Mandau: Pemadaman Karhutla Gambut di Buluh Apo Masuki Hari Keempat

CENTRALNEWS.ID, DURI – Masuki hari keempat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Buluh Apo, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis – Riau, satuan tugas (Satgas Karhutla) dari unsur Koramil 03 Mandau, Polsek Pinggir, Damkar, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat sekitar masih berjibaku pada titik api yang membara dan mengeluarkan asap putih kecokelatan, Jumat (7/7).

Sertu Roy Pardomuan, Sertu Robbi dan Kopda Yusuf bersama tim lainnya berupaya maksimal menakhlukkan kobaran sijago merah di tengah terpaan cuaca nan kering berangin kencang. Dikonfirmasi, Danramil 03 Mandau Kapten Arh. Jemirianto membenarkannya, ia menegaskan berdasarkan informasi dari Babinsa di lokasi titik api diduga muncul dan merambat kembali dari sisa bara api pada tunggul-tunggul pepohonan mati yang terbakar pada 23 Juni lalu.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau

Lahan yang terbakar merupakan kebun milik Prof. Dr. Aslim Sihotang yang berdomisili di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Titik api itu berada pada berkoordinat 1°8’15,21” North, 101°7’35,754” East. “Memasuki hari keempat, Babinsa kita bersama tim gabungan masih berjibaku lakukan pemadaman di lapangan,” kata Kapten Jemirianto.

Ia menyebutkan lahan yang terbakar adalah tanah gambut bervegetasi belukar dan terdapat pokok-pokok sawit. Lokasi titik api berjarak sekira 34 kilometer dari Koramil 03 Mandau. Hingga Jumat siang, perkiraan luas lahan terbakar sekira 2,5 hektare dan terus ditanggulangi pemadamannya.

Saat berita ini diterbitkan sekira 0,8 Ha lahan masih mengeluarkan asap putih kecokelatan yang membumbung di udara, sementara 1,7 Ha lainnya padam total. “Sisa lahan yang masih terbakar kita upayakan pemadamannya sampai detik ini. Sumber air terbatas membuat pemadaman bara api jadi lebih memakan waktu, belum lagi cuaca minim hujan dan disertai kencangnya hembusan angin membuat rambatan bara api semakin berpotensi,” ujarnya menerangkan.

Baca Juga :  Tinjau Posko Pemenangan, Cermin Optimis Menang di Pulau Tiga Barat

“Walaupun demikian, kita tetap upayakan yang terbaik sebagaimana instruksi Dandim 0303 Bengkalis, Bapak Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto supaya dampak Karhutlanya bisa kita tekan maksimal,” tukasnya. (Bres)

 

 

 

 

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles