16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Danramil 03 Mandau Hadiri Launching Penanaman Labu Siam Program Hanpangan Korem 031/WB

CENTRALNEWS.ID, DURI – Komandan Koramil (Danramil) 03 Mandau, Kapt. Arh. Jemirianto turut dampingi Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto launcing penanaman Labu Siam atau yang lebih dikenal dengan julukan Labu Madu sempena program Ketahanan Pangan (Hanpangan) wilayah jajaran Korem 031 Wira Bima, Rabu (12/4).

Penanaman perdana komoditas labu tersebut dilangsungkan Dandim bersama perangkat daerah yakni Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Toharuddin, Manajemen PT Pertamina Hulu Rokan, Pemerintah Kecamatan Mandau, Lurah Pematang Pudu, Rio Sentosa, Kanit Sabhara Polsek Mandau Iptu Zulkifli, Karang Taruna, Ormas Pemuda Pancasila, Gugus Depan Pramuka dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Dalam kata sambutannya, Letkol Endik memaparkan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas instruksi Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI. Parlindungan Hutagalung guna memperkuat sistem ketahanan pangan di daerah jajaran.

“Program ini merupakan instruksi dari Pimpinan yang kemudian kita tindaklanjuti penanamannya secara perdana di wilayah Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau – Duri. Labu siam dipilih untuk dibudidayakan, mengingat stabilitas harga jualnya terbilang bagus di pasaran. Belum lagi, komoditas ini bisa tembus (expor) ke luar negeri dengan nilai jual yang lebih baik dan tentunya bisa mengangkat taraf kesejahteraan masyarakat,” kata Letkol Endik.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

Labu siam, kata dia, menjadi salah satu dari sekian banyak jenis tanaman budidaya yang dapat menghasilkan buah dengan kandungan karbohidrat, vitamin, mineral serta serat yang tinggi. Di Indonesia, labu siam ini dapat dijadikan sebagai penganan kebutuhan pokok harian, serupa dengan beras, ubi, jagung bahkan gandum.

Dengan dimulainya penanaman labu siam tersebut, Endik berharap jajaran Kodim 0303 Bengkalis dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat, utamanya dalam meredam dampak inflasi di pasar. “Kita harap program ini berjalan baik dan dapat menghasilkan buah terbaik untuk menyokong kesejahteraan masyarakat. Kita harap hasil panen nantinya bisa maksimal untuk mencukupi kebutuhan stok di pasar, dengan demikian harga jualnya bisa lebih stabil bahkan cenderung mendukung daya beli masyarakat,” ujarnya.

Sempena program ini, pihaknya turut libatkan pemerintah, pemuda, cendikias akademika, bahkan warga sekitar dengan tujuan memperluas minat atau wawasan bercocok tanam di masyarakat. “Semoga launching hari ini dapat menjadi contoh baik bagi masyarakat dalam hal teknik penanaman, perawatan, hingga menghasilkan panen melimpah, sehingga budidaya labu siam bisa diikuti meluas oleh masyarakat dan memberi manfaat pada sendi perekonomian masyarakat, utamanya para Petani,” harapnya.

Baca Juga :  Kampanye Perdana di Ranai Darat, Cen Sui Lan Ingin Natuna Maju

Ungkapan bangga dan terima kasih turut diucapkan Toharuddin mewakili Bupati Bengkalis, Kasmarni dan segenap masyarakat di Negeri Junjungan. Tohar mengatakan, program ketahanan pangan yang ditaja Korem 031/WB melalui jajaran Kodim 0303 Bengkalis sangat bermanfaat dan layak ditiru oleh masyarakat luas.

“Programnya sangat bermanfaat, sangat baik dicontoh masyarakat untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. Selain itu, labu siam ini bernilai ekspor cukup tinggi. Bila dibudidayakan dengan telaten, bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, mewakili Bupati Bengkalis, kami ucapkan terima kasih atas gagasan program ketahanan pangan ini. Semoga berhasil dan panen melimpah, agar manfaatnya bisa diterima masyarakat sekitar,” ungkap Tohar.

Senada, Lurah Pematang Pudu, Rio Sentosa turut bangga kepada Dandim 0303 Bengkalis dan PT PHR lantaran menjadikan wilayah kedinasannya sebagai pilot project pengembangan dan budidaya labu siam di Kabupaten Bengkalis secara umum.

Baca Juga :  352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk Melalui Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom

Rio berharap, keberadaan program Hanpangan di wilayahnya bisa menjadi pustaka alami bagi masyarakat menimba ilmu sebanyak mungkin untuk dijadikan pembelajaran dalam bercocok tanam hingga menghasilkan panen-panen yang melimpah.

“Terima kasih Pak Dandim atas program Hanpangan yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Oematang Pudu ini. Kami sangat bangga dan terhormat. Semoga masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya, terutama bisa belajar teknik penanaman, perawatan sampai dengan panen nantinya. Terima kasih telah melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini, semoga segala kebaikan dibalas Rahmat oleh Allah SWT,” harap Rio, Lurah Pematang Pudu.

Kegiatan itu sendiri digelar langsung dari Duri dan beberapa wilayah lainnya jajaran Korem 031/WB yang tersiar virtual lewat meeting zoom. Turut hadir dalam kegiatan itu, Pasiopsdim Kapt. Czi. Suratmin, Danramil 03 Mandau, Kapt. Arh. Jemirianto, jajaran dinas pertanian dan perkebunan, para pegiat dan pecinta alam serta berbagai pihak lainnya. (Bres)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles