16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Dandim 0303 Panen Sayuran Hidroponik Wujudkan Kemandirian Pangan di Negeri Junjungan

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Rangka menyokong maksimalnya program Ketahanan Pangan di Kabupaten Bengkalis, Komandan Kodim (Dandim) 0303, Resor Militer 031 Wira Bima, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor. Arh. Sudiyono dan jajaran lainnya laksanakan panen raya aneka sayuran jenis Sawi dan Kangkung yang ditanam pada media Hidroponik, Kamis (20/4).

Program Hanpangan berbasis Hidroponik digalakkan oleh Dandim dengan memanfaatkan areal di sekitar Kodim 0303. Pemanfaatan media hidroponik untuk menanam sayur-sayuran dinilai lebih efektif dan menghasilkan panen yang lebih melimpah serta minim gangguan hama karena tidak langsung bersentuhan dengan tanah.

Dandim 0303 Panen Sayuran Hidroponik Sokong Kemandirian Pangan di Kabupaten Bengkalis | Foto: Bres

Dengan demikian, Dandim 0303 Bengkalis dan jajarannya ini kembali tunjukkan eksistensinya terkait penguatan sistem dan strategi ketahanan pangan yang juga digalakkan oleh pimpinan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal. TNI. Dr. Dudung Abdurachman.

Baca Juga :  Roby Kurniawan; Mari Pertahankan Pancasila Dengan Mengamalkan Nilai Yang Terkandung di Dalamnya
Dandim 0303 Panen Sayuran Hidroponik Sokong Kemandirian Pangan di Kabupaten Bengkalis | Foto: Bres

“Demi mendukung penguatan program ketahanan pangan, kita manfaatkan lahan terbatas menggunakan sistem hidroponik untuk bertanam sayur dan aneka tanaman lainnya yang menjadi komoditas kebutuhan pasar. Saat ini, kita telah panen sayur Sawi dan Kangkung, dimana tingkat panennya sangat baik dan melimpah, serta minim gangguan hama,” kata Letkol Endik, Dandim 0303 Bengkalis.

Dandim 0303 Panen Sayuran Hidroponik Sokong Kemandirian Pangan di Kabupaten Bengkalis | Foto: Bres

Endik menyebut, cara itu dapat diaplikasikan oleh masyarakat yang memiliki kemauan namun terbentur minimnya lahan untuk menyemai bibit tanaman. Sebab, pemanfaatan hidroponik dapat diterapkan pada areal ataupun lahan yang sangat minim ruang terbukanya.

“Bagi masyarakat yang ingin bercocok tanam tapi lahannya minim, bisa pakai cara hidroponik saja. Lebih rapih, fleksibel dan bisa kita hindarkan kontak langsung dengan tanah. Dengan demikian, gangguan hama bisa kita tekan dan akhirnya bisa panen lebih banyak. Bila cara ini dikembangkan di tengah masyarakat secara meluas, bukan tidak mungkin kita bisa menjadi lumbung pangan di wilayah jajaran Korem 031 Wira Bima,” ungkapnya.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Menyapa Warga Ranai di Warung Kopi
Dandim 0303 Panen Sayuran Hidroponik Sokong Kemandirian Pangan di Kabupaten Bengkalis | Foto: Bres

Tak hentinya Endik mengajak para anggota untuk mengembangkan pola tanam tersebut dan menggalakkannya di tengah kehidupan bermasyarakat. “Mari bersama kita sokong ketahanan pangan di Kabupaten Bengkalis dengan mengedepankan kemandirian pangan melalui pola tanam yang lebih modern dan mudah diterapkan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa menjadi contoh baik dan ditiru masyarakat, dengan demikian, kemandirian pangan bisa kita capai seraya meredam dampak inflasi di Negeri Junjungan,” tukasnya sembari memamerkan hasil panen sayuran hidroponik nan membanggakan itu. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles