23.8 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Dandim 0303 Ikuti Rakor Virtual Pengendalian Inflasi Bapokting tajaan Mendagri Tito Karnavian

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Bertempat di ruang rapat Hang Jebat kantor Bupati Bengkalis, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto diwakili Pasiopsdim Kapt. Czi. Suratmin ikuti rapat koordinasi (Rakor) virtual terkait pengendalian inflasi tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jend. Pol (Purn) Tito Karnavian, Senin (13/3).

Rakor tersebut kompleks membahas inflasi atau kenaikan harga sejumlah bahan pokok penting (Bapokting) meliputi Kedelai, Beras Modium, Jagung, Cabai, Minyak Goreng bahkan Daging jelang pelaksanaan Ibadah Puasa tahun ini. Dalam pertemuan itu, Wakil Bupati Bagus Santoso, Kasat Binmas AKP Ismanto, Staf Ahli Hukum dan Politik Pemkab Bengkalis Bustami HY, Kabag Perekonomian Khairil Fahzrial, Staf Disperindag Suhaini dan Kabi Pemberdayaan Sosial Zamri turut hadir bersama Pasiops.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri

Sepanjang rakor itu, Pasiops Kodim 0303 Bengkalis ini rangkum berbagai hal penting yang diutarakan Mendagri untuk dapat ditindaklanjuti bersama. “Bapak Menteri dalam arahannya meminta dukungan dari pemerintah daerah untuk bekerjasama dalam memonitoring harga Bapokting. Apabila terjadi inflasi, kita diminta untuk segera mencari langkah atau solusi agar inflasi tak semakin parah. Utamanya beras juga digaris bawahi, Pemda diminta segera koordinasi dengan Bulog agar daya beli masyarakat tetap terjangkau,” kata Kapten Suratmin.

Dandim 0303 Ikuti Rakor Virtual Pengendalian Inflasi Bapokting tajaan Mendagri Tito Karnavian | Foto: Bres

“Begitu pula dengan Dinas Perdagangan Provinsi maupun Kabupaten/Kota, juga diminta untuk aktif memantau harga Bapokting di daerah masing-masing guna menjaga ketersediaan stok dan keterjangkauan harga,” ujarnya.

Selaraskan arahan Mendagri, Kapten Suratmin mengaku bahwa Kodim 0303 Bengkalis selalu siap mendukung kinerja Pemda Bengkalis dalam memantau harga Bapokting. Selain itu, pihaknya bahkan telah menaja berbagai aksi agar harga komoditi Bapokting di pasar tetap terkendali.

Baca Juga :  Tak Ingin Sia-siakan Potensi Laut Natuna, Cen Sui Lan Bakal Jadikan Prioritas

“Kita selalu siap mendukung. Bahkan Bapak Dandim lewat program-program kerjanya telah dilaksanakan oleh Babinsa dalam mengendalikan inflasi, salah satu contohnya adalah aksi Koramil 02 Tebing Tinggi dalam memanfaatkan lahan tidur menjadi kebun cabai produktif dan saat ini sedang menunggu panen. Hasil panen nantinya kita harap melimpah agar dampak inflasi bisa kita redam. Selain itu, juga ada program ketahanan pangan (Hanpangan) di Bathin Solapan oleh Koramil 03 Mandau yang telah berhasil panen raya jagung beberapa waktu lalu. Hasilnya, harga jagung bisa lebih mereda. Dan aksi-aksi serupa juga sedang berjalan di seluruh Koramil jajaran dengan tujuan bisa meredam inflasi di masyarakat. Dengan ini, kita juga siap mendampingi Pemda Bengkalis dalam memonitor harga Bapokting di pasaran. Sinergi bersama kita wujudkan untuk menyelaraskan arahan Bapak Mendagri,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles