17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Dandim 0303 Bengkalis Ikuti Apel Dansat Tersebar Jajaran Korem 031/WB di Pekanbaru

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Guna menyamakan persepsi dalam mendukung pelaksanaan tugas sesuai bidang masing-masing, Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letnan Kolonel Infanteri Endik Yunia Hermanto ikuti Apel Komandan Satuan (Dansat) Tersebar jajaran Korem 031 Wira Bima di Pekanbaru – Riau, Jumat (19/5).

Penyelenggaraan Apel Dansat tersebut merupakan tindak lanjut pelaksanaan Apel Dansat Tersebar jajaran atau tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan yang bertujuan untuk menindaklanjuti kebijakan Pangdam I/BB, Mayjend. TNI. Daniel Ahmad Chardin dan juga merupakan salah satu sarana kendali dalam sistem pembinaan satuan Korem 031/WB, guna menjamin terlaksananya tugas pokok satuan yang lebih optimal di satuan masing-masing.

Apel itu dipimpin dan dibuka langsung oleh Komandan Korem 031/WB, Brigjend. TNI. Dany Rakca Andalasawan dan diikuti seluruh komandan satuan jajaran Korem 031. “Melalui Apel Dansat Tersebar Korem 031/WB tahun 2023 kali ini, mari kita evaluasi dan diskusikan berbagai hambatan yang terjadi pada tahun 2022 dan menyamakan visi dan persepsi dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2023 ini,” kata Brigjend. Dany mengawali kata sambutan.

Danrem 031/WB, Brigjend. TNI. Dany Rakca Andalasawan | Foto: Bres

Tentunya, kata Danrem, pelaksanaan tugas di lapangan dengan berbagai karateristik pada setiap wilayah yang berbeda akan menghadirkan problematika yang juga berbeda. Sebab itu, pada kesempatan tersebut Danrem menilai segala sesuatunya perlu didiskusikan secara cerdas, agar kedepan pihaknya dapat mengeliminer dengan baik semua kompleksitas permasalahan di wilayah jajaran Korem 031/WB.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan, kebijakan pimpinan TNI AD tahun anggaran 2023 dapat dijabarkan lebih lanjut di satuan masing-masing sehingga berbagai kebijakan yang tertuang dalam program kerja dan anggaran tahun 2023 dapat mewujudkan sasaran yang kita harapkan bersama, disertai dengan tertib administrasi yang akuntabel guna mendukung tercapainya penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di lingkungan TNI AD, khususnya Korem 031/Wira Bima,” pesan Danrem.

“Dengan mengucapkan Bismillaahirrah-maanirrahiim, seraya memohon Ridho dari Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, pada hari ini Jumat, 19 mei 2023, Apel Dansat tersebar Korem 031/WB tahun 2023, secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa melimpahkan bimbingan, petunjuk dan kekuatan kepada kita sekalian,” seru Danrem.

Dandim 0303 Bengkalis Ikuti Apel Dansat Tersebar Jajaran Korem 031/WB di Pekanbaru | Foto: Bres

Pada kesempatan itu, Letkol Endik mengaku sepakat dengan apa yang telah dipaparkan Brigjend. Dany Rakca. Bahkan, Endik mengaku siap mewujudkan profesionalisme prajurit dan satuan TNI AD sebagai Patriot NKRI rangka mendukung keberhasilan tugas pokok TNI AD di jajaran Kodim 0303 Bengkalis.

Dalam paparannya selaku Dandim 0303 Bengkalis kepada Danrem 031/WB dan seluruh petinggi satuan masing-masing Endik menyampaikan bahwa pihaknya terus berjibaku guna mewujudkan kemaslahatan masyarakat. Dipaparkannya, secara geografis Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti tempatnya berdinas merupakan wilayah yang tersusun atas beberapa gugusan Pulau. Pada setiap pulau, terdapat polemik berbeda-beda yang dialami masyarakat. Mulai dari sulitnya mendapatkan suplai air bersih, bahkan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi hampir setiap tahun kala musim kering melanda mengingat hamparan lahan Gambut yang dominan.

“Nah, tadi saat paparan saya izin menjelaskan paparan kepada Bapak Danrem. Untuk mengatasi persoalan sulitnya masyarakat mendapatkan air bersih, Kodim 0303 Bengkalis menjalin kerjasama dengan PT Pertamina RU II Sungai Pakning untuk membangun Water Treatment Plant (WTP) dengan mengolah air gambut menjadi air bersih yang layak konsumsi dengan menggunakan Simikel dan Biji Kelor. Filtrasi Air Gambut atau Filagam nama kita menyebut pengolahan air tersebut,” kata Letkol. Inf. Endik YH, Dandim 0303 Bengkalis.

Dandim 0303 Bengkalis Ikuti Apel Dansat Tersebar Jajaran Korem 031/WB di Pekanbaru | Foto: Bres

Lewat Filagam, kebutuhan air bersih di wilayah Kabupaten Bengkalis, secara khusus di Pulau Bengkalis dapat dipenuhi secara berkala. Sebab, hanya dengan mengoperasikan alat tersebut selama 8 jam per hari, sudah bisa diperoleh sekira 4 ribu liter stok air bersih yang siap didistribusikan kepada masyarakat.

Dalam rencananya, WTP atau Filagam ini bakal ditempatkan di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis. Dengan cara ini, ribuan air bersih hasil pengolahan air gambut tersebut dinilai dapat menopang kebutuhan di tengah masyarakat sekaligus membantu pemerintah daerah Bengkalis dalam penyediaan air bersih melalui PDAM-nya.

“Bila Filagam bisa kita wujudkan, bukan tidak mungkin persoalan air bersih di Bengkalis mampu kita atasi dengan baik sebagai wujud kemanunggalan TNI Angkatan Darat yang menjalin sinergitas dengan pihak-pihak terkait guna mewujudkan kesejahteraan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Dandim 0303 Bengkalis Ikuti Apel Dansat Tersebar Jajaran Korem 031/WB di Pekanbaru | Foto: Bres

Terkait Karhutla, Dandim Bengkalis ini sampaikan pihaknya dan pihak-pihak terkait dalam wadah Satgas Karhutla terus bersinergi guna melaksanakan patroli ke lokasi rawan api sebagai wujud pencegahan kebakaran. Selain patroli, ragam imbauan berwujud lisan, tulisan maupun gambar disebar di masyarakat agar kesadaran tidak membuka lahan dengan cara dibakar bisa dipahami dengan baik.

Urusan stok pangan, Dandim menyampaikan bahwa pihaknya terus menggaungkan program Ketahanan Pangan dan menggandeng pemerintah daerah Bengkalis maupun Kepulauan Meranti untuk ikut serta menggarap lahan tidur guna mewujudkan kemandirian pangan di tingkat daerah dengan tujuan menetralisir harga jual dipasar. “Dengan demikian, laju Inflasi bisa kita tekan bersama,” paparnya.

Ragam program baik lainnya turut disampaikan Dandim dengan cermat dan teliti. Mulai dari penurunan angka Stunting atau kekerdilan tubuh pada anak akibat kurangnya asupan nutrisi dengan pemberian bantuan pangan bergizi dan pemeriksaan kesehatan serta tumbuh kembang anak dengan rutin di Posyandu bahkan sampai ke rumah-rumah penduduk, pelaksanaan pelatihan UMKM, pencegahan peredaran dan penyalahgunaan Narkotika, komunikasi sosial guna menghadirkan kerukunan di tengah keberagaman masyarakat, mempererat sinergitas dengan seluruh komponen bangsa sampai dengan Babinsa Masuk Dapur serta RTLH dikerjakan demi membantu masyarakat.

“Intinya, kta siap menyamakan visi dan persepsi seperti yang disampaikan Komandan Korem 031/Wira Bima, Bapak Brigjend. TNI. Dani Rakca. Setiap pesan, saran dan kritik dan nasihat yang disampaikan kepada kita, kita serap dengan baik untuk dipaparkan dan diterapkan nantinya di jajaran Korem 031/WB, dalam hal ini adalah teritorial Kodim 0303 Bengkalis. Dan setiap program yang kita paparkan, tetap kita tujukan sesuai tugas pokok TNI AD untuk mewujudkan TNI Angkatan Darat tetap dan selalu di Hati Rakyat,” tukas Letkol. Inf. Endik YH, Dandim 0303 Bengkalis. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles