17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 03 Mandau Gencarkan Patroli dan Tebar Imbauan ke Warga Balai Raja

CENTRALNEWS.ID, DURI – Sempena mencegah terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Komandan Rayon Militer 03 Mandau Kapt. Arh. Jemirianto kerahkan Babinsa Serda AT Silaban dan Kopda P Samosir laksanakan patroli kewilayahan di kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau, Jumat (16/6).

Patroli digesa pada koordinat 1°13’58” North, 101°13’27” East dengan menyasar hamparan semak belukar serta rimbunnya kawasan hutan di wilayah tersebut. Kapten Jemirianto menegaskan, patroli pencegahan Karhutla menjadi kegiatan rutin mengingat masih diterapkannya status siaga darurat Karhutla di Kabupaten Bengkalis secara khusus dan Riau secara umum.

“Karena wilayah kita masih berstatus siaga darurat Karhutla, maka upaya pencegahan mesti kita lakukan agar kebakaran tidak terjadi. Apalagi, teritorial Koramil 03 Mandau yang menaungi empat kecamatan saat ini sangat banyak kawasan hutan, semak bahkan lahan gambutnya. Itu merupakan wilayah rawan terbakar yang harus rutin kita pantau,” kata Kapten Jemi.

Selain berpatroli, kata dia, pihaknya juga tak henti menebar imbauan kepada warga dalam lingkungan bermasyarakat agar tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar vegetasi liar yang tumbuh diatasnya.

“Imbauan juga kita suluhkan agar tidak ada yang bakar-bakar lahan, sebab kalau apinya membesar dan merambah, bisa lain urusannya. Makanya sampai saat ini kita masih intensif lakukan patroli pencegahan Karhutla dengan melibatkan masyarakat sebagai salah satu indikator pendukung di dalamnya,” ujarnya.

“Semoga wilayah kita terbebas dari kasus Karhutla, stop membakar semak, hutan dan lahan gambut. Bila kedapatan, bisa dijerat hukum,” tukasnya. (Bres)

 

 

 

 

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles