12.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Cegah Abrasi Pantai, Kodim Bengkalis Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Bantan

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Wujud peduli lingkungan sekaligus mencegah bencana abrasi pantai, Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto tajak penanaman 5.000 bibit tanaman mangrove atau bakau di pesisir Pantai Desa Deluk, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (15/8).

Penanaman ribuan bakau tersebut diwakilkan Pasiops Kapten Czi. Suratmin dan dihadiri elemen masyarakat mulai dari kalangan anak-anak pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan masyarakat, Polri hingga unsur pemerintah daerah di Negeri Junjungan.

Kodim Bengkalis Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Bantan | Foto: Bres

Bertemakan ‘Kebersamaan dalam menjaga peningkatan kualitas lingkungan hidup’, aksi itu panen pujian dari masyarakat tersebab dampak baiknya bakal dirasakan pada masa yang akan datang oleh generasi penerus bangsa.

“Selain dapat mencegah abrasi pantai, penanaman bibit tanaman bakau ini diharap mampu menghijaukan pesisir pantai sebagai rumah dari banyaknya spesies burung, dan berbagai biota laut seperti udang, kepiting dan ikan,” kata Kapten Suratmin, wakili Dandim 0303 Bengkalis.

Kodim Bengkalis Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Bantan | Foto: Bres

Ia menegaskan selain lebih asri, lingkungan pesisir pantai bertaburkan tanaman bakau juga akan mendatangkan manfaat dari segi ekonomis bagi nelayan serta potensi pariwisata berwujud mangrove ecopark yang juga berpotensi menumbuhkan sendi-sendi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Demi kelestarian di masa mendatang, kita tajak penanaman bibit bakau hari ini. Semoga apa yang kita upayakan hari ini, bisa mendatangkan manfaat di masa yang akan datang untuk anak dan cucu kita,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles