16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Bupati Bengkalis Resmikan Operasional CT Scan di RSUD Mandau

CENTRALNEWS.ID, DURI – Setelah lama dinanti, akhirnya RSUD Kecamatan Mandau resmi miliki fasilitas Computerized Tomography (CT) Scan yang dapat memeriksa semua anggota tubuh meliputi kepala, telinga, jantung, abdomen, ortopedi, tulang belakang, pembuluh darah bahkan syaraf. Operasional perdananya pun diresmikan oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni, Selasa (18/10).

Sebagaimana diketahui, layanan ini menjadi salah satu fasilitas medis yang sangat dibutuhkan. Bila sebelumnya masyarakat terkhusus pasien harus dirujuk ke rumah sakit lain hanya untuk dipindai oleh CT Scan, kini fasilitas tersebut tersedia di Duri.

Kemudahan jangkauan diberikan dan menjadi program unggulan pemerintah untuk mengakomodir segala kebutuhan kesehatan masyarakat. “Layanan ini untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Duri. Bila sebelumnya harus ke Pekanbaru atau ke luar kota, kini CT Scan bisa di RSUD Mandau. Lebih dekat dan lebih lengkap,” ungkapnya.

Peresmian operasional Computerized Tomography (CT) Scan di RSUD Mandau oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni | Foto: Bres

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Mandau, dr. Chairiah menjelaskan, layanan CT Scan tersebut sudah difungsikan sejak saat diresmikan oleh Bupati. “CT Scan ini sudah mulai kita fungsikan dan sudah menerima pasien baik dari internal RSUD Mandau maupun pasien rujukan dari RS luar, baik kontras maupun non-kontras,” kata Chairiah.

Menurut Chairiah, alat ini bisa melihat atau memetakan penyumbatan pembuluh darah di jantung. Secara otomatis, waktu pemeriksaan lebih singkat dan dapat mendeteksi dini risiko penyakit Kanker, Paru dan Usus Besar serta mendeteksi Osteoporosis.

“Mudah-mudahan dengan adanya alat kesehatan yang canggih ini bisa berguna dan membatu masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bengkalis dan masyarakat yang berada di luar kabupaten Bengkalis. Sehingga RSUD Mandau bisa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal,” tujasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles