16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

BMKG: Gempa di Sumbar berlangsung 2 Kali, Bermagnitudo 5.2 dan 6.2

CENTRALNEWS.ID, RIAU – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia mengumumkan terjadi dua kali aktifitas gempa bumi di Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2).

Aktifitas kegempaan ini berpusat pada koordinat yang tak berjauhan. Gempa pertama terjadi pada koordinat 0.14 Lintang Utara, 99.99 Bujur Timur (BT) pada pukul 08.35 WIB dengan kekuatan (Mag) 5.2.

Gempa di Pasaman Barat | Foto: Bres/BMKG

Kemudian, gempa kedua terjadi sekira empat menit kemudian pada pukul 08.39 WIB dengan kekuatan yang lebih besar, yakni Magnitudo 6.2. Koordinat gempa kedua ini berada pada 0.15 LU, 99.98 BT.

“Dua kejadian Gempa Bumi pagi ini di Sumatera Barat. Magnitudo 5.2 (gempa pertama) dan 6.2 (gempa kedua) yang berpusat di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kedalaman pusat gempa 10 Kilometer,” tulis BMKG pada laman instagram resminya.

Baca Juga :  Kurangi Jumlah RTLH, Cen Bangun 431 Unit BSPS di Natuna
Gempa di Pasaman Barat | Foto: Bres/BMKG

Meski tidak berpotensi Tsunami, kedua gempa ini cukup membuat kaget masyarakat yang merasakan getarannya. Dari data yang dihimpun, getaran gempa terasa di beberapa wilayah di Riau yang meliputi Duri, Bengkalis, Kabupaten Bengkalis secara umum, Pekanbaru, Dumai, Siak dan berbagai lokasi lain terdampak getaran gempa bumi ini. “Kedua gempa ini tidak berpotensi Tsunami, situasi dan informasi di lapangan (pusat gempa) masih terus diperbaharui,” pungkasnya. (Zia)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles