19.5 C
New York
Selasa, Juli 2, 2024

Bersama Bhayangkari, Yan Fitri Tanam Pohon di Mapolda Kepri  

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) mengadakan penanaman pohon, Kamis (27/6/2024) sore. Lokasi penanaman bersebelahan dengan lapangan tembak Karel Satsuit (KS) Tubun Mapolda Kepri, Nongsa, Batam.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Polda Kepri terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Ada pun pohon yang ditanam adalah jenis hortikultura untuk ketahanan pangan. Harapannya, pohon-pohon ini nantinya bisa memberikan manfaat.

Kapolda Kepri, Irjen Polisi Yan Fitri Halimansyah, mengatakan penanaman pohon ini tidak boleh berhenti sampai di sini. Artinya setelah pohon ditanam harus dipelihara dengan cara disiram setiap sore hari dan diberikan pupuk.

“Kita lihat di depan ini tanahnya berpasir, bahkan pasirnya lebih banyak dibanding tanahnya dan humusnya juga tidak ada. Mungkin kalau di tanah lain, tanahnya banyak pasirnya sedikit,” ujar Yan Fitri di lokasi.

Baca Juga :  Baktikes: Cinta Polisi Untuk Seluruh Masyarakat Kepri

Mengapa demikian, lanjut Yan Fitri, di lokasi penanaman tanahnya bercampur pasir. Volume pasirnya lebih banyak dibandingkan tanahnya. Sehingga jika tidak dirawat pohon-pohon yang ditanam bisa mati.

Ibu-ibu Bhayangkari Polda Kepri usai menanam pohon di Mapolda Kepri, Batam, Kamis (24/6/2024)

Apabila mati, maka program penanaman pohon ini sia-sia. Jika semua pohon mati maka program ini menjadi mubazir. Jika mengerjakan sesuatu yang mubazir maka Tuhan (Allah) tidak menyukainya dan bisa marah karena perbuatan itu.

Untuk itu, kegiatan penanaman pohon ini bukan hanya sebatas dilakukan di sini. Melainkan di lingkungan sekitar kita juga harus dipedulikan. Kata Yan Fitri, cara menanam pohon yang baik harus diniatkan melalui hati yang tulus.

“Jangan melakukan perbuatan yang mubazir, nanti Allah marah sama kita. Pohon ini makhluk hidup, jangan asal menanam, tapi harus menggunakan hati yang ikhlas karena Allah supaya di kemudian hari ada hasilnya,” ajak Yan Fitri di lokasi.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Yan Fitri: Hati-hati Menggunakan Jemari

Yan Fitri berharap dengan kegitan penanaman pohon akan memberikan dampak postif bagi manusia dan alam. Menanam pohon adalah bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi.

Melalui pohon dan hutan yang baik bisa memberikan kesejahteraan yang baik untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup. Menanam pohon dapat memperbaiki fungsi hutan dan sekaligus memperbaiki lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Direktur Intelijen dan Keamanan (Dirintelkam) Polda Kepri Kombes. Pol. Zaenal Arifin, S.Ik., saat menanam pohon di Mapolda Kepri, Kamis (24/6/2024)

Selain untuk penyediaan air, manfaat lain yang bisa diambil dari menanam pohon adalah salah satu upaya memperbaiki kualitas udara. Tidak hanya itu, penanaman pohon untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai pengendali banjir, longsor dan erosi.

Baca Juga :  Polda Kepri Gelar Doa Lintas Agama, Kapolda Yan Fitri: Jangan Lupa Hadir 1 Juli

Manfaat yang lain setelah menanam pohon bisa meningkatkan daerah resapan air. Selain itu, dengan menanam pohon bisa mengurangi dampak pemanasan global. Oksigen merupakan sumber utama makhluk hidup bernapas.

Menanam pohon berfungsi sebagai penyumbang oksigen yang berkelanjutan. Dengan menanam pohon bisa membantu melestarikan tempat hidup binatang. Seperti spesies burung, tupai, lebah, atau beragam hewan lainnya.

Dengan menanam pohon membantu penghijauan alam sekitar dan mampu mencegah banjir. Hadir dalam kegiatan penanaman pohon ini Kapolda Kepri, Irjen Polisi Yan Fitri Halimansyah, Wakapolda Kepri, Brigjen Polisi Asep Safrudin, jajaran para pejabat utama Polda Kepri dan ibu-ibu Bhayangkari Polda Kepri.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles