21.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Babinsa Satukan Tekad Pelajar SMAN 6 Mandau Tangkal Radikalisme Lewat Pemahaman Moral Pancasila

CENTRALNEWS.ID, DURI – Babinsa Koramil 03 Mandau, Distrik 0303 Bengkalis bertandang ke lingkungan sekolah menengah atas (SMA) Negeri 6 Mandau di Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan guna menyapa seluruh pelajar dengan semangat Pancasila, Kamis (22/6).

Adalah Sersan Mayor (Serma) Yulihar, prajurit TNI Angkatan Darat ini kian getol menyemangati kalangan pelajar di berbagai sekolah. Mulai dari tingkat pendidikan usia dini, sekolah dasar, menengah pertama, lanjutan atas hingga tingkat perguruan tinggi kerap disasar untuk suluhkan nilai-nilai luhur Pancasila di kalangan akademika.

Hari ini, langkahnya tertuju ke lingkungan SMAN 6 Mandau dan menjadi sekolah yang kesekian kalinya disasar Yulihar. Dalam gagasannya, ia mengajak seluruh pelajar sebagai generasi millenial penerus bangsa untuk satukan tekad dalam menangkal paham Radikal di era penuh kecanggihan teknologi.

“Sekarang sedang trend-nya apa-apa diviralkan, apa-apa dijadiin status di Instagram, Facebook, Twitter bahkan YouTube. Tanpa disadari, bisa jadi yangbkita sebarkan itu adalah hal yang berbau radikal, berindikasi teror dan sarat intoleran. Kita harus ekstra cerdas, teliti dan hati-hati menggunakan Sosmed saat ini. Jangan sampai yang kita share adalah hal yang dapat memicu keresahan, keributan, bahkan perpecahan. Sebab saat ini, ada saja isu yang sengaja dilemparkan ke sosial media dengan tujuan menarik perhatian tapi mengandung unsur yang tidak sesuai dengan Fundamental negara kita, yakni Pancasila,” terang Serma Yulihar.

Bila tak cermat, kata Babinsa, kecanggihan dunia maya yang penuh manfaat bisa menjadi boomerang yang bisa merongrong ketenteraman di lingkungan masyarakat. Ia pun mengajak seluruh pelajar untuk membudayakan istilah ‘Saring Sebelum Sharing’ alias 3S.

Selain 3S, ia pun mengajak para millenial tersebut untuk mewarnai dunia digital dengan ragam kegiatan bertemakan semangat Pancasila dan prestasi. Ia mencontohkan hal itu seperti memosting kegiatan gotong, karya seni dan praktek budaya, rasa saling menghargai antar pelajar dan hormat kepada guru, serta torehan prestasi di berbagai bidang pada beranda sosial media.

Babinsa satukan tekad Pelajar SMAN 6 Mandau tangkal Radikalisme lewat pemahaman Pancasila | Foto: Bres

Dengan memajang hal itu di lini masa sosial media, ia yakin interaksi sosial media akan lebih berwarna, positif dan berkelas, ketimbang membagikan hal-hal yang belum jelas kebenarannya apalagi sarat akan radikalisme dan intoleran.

“Mari kita amalkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bahkan di dunia digital untuk menangkal potensi buruk radikalisme yang mungkin saja banyak berseliweran di dunia maya. Ingat, bahaya laten Radikal, Terorisme, Intoleran dan Separatisme sangat merugikan diri, masyarakat, bangsa dan negara. Mari kita cegah dan hindarinhal itu dengan lebih semangat meraih prestasi dengan sikap saling memotivasi antar sesama teman, dengan demikian, pastilah aktifitas di sekolah akan lebih menyenangkan dan penuh pengalaman yang membuat karakter dan mental adik-adik sekalian jadi lebih tangguh dan tak mudah terprovokasi,” ajaknya.

Tak lupa, Serma Yulihar juga sampaikan pesan Danramil 03 Mandau Kapten. Arh. Jemirianto kepada Kepala Sekolah dan Majelis Guru untuk lebih aktif dalam memonitoring interaksi siswa-siswi dalam praktek nyata di sekolah, maupun di dunia maya. Pihaknya menilai, guru sebagai pengganti orangtua di lingkungan sekolah juga memiliki peran dan tanggung jawab penting untuk memastikan anak-anak terhindar dari potensi buruk paham radikal lewat pengenalan, pemahaman dan pengamalan nilai luhur Pancasila di sekolah.

“Bapak-Ibu Guru juga jangan lupa untuk tetap aktif memantau interaksi siswa-siswinya di sekolah maupun di dunia maya. Sebab kejayaan bangsa di masa depan bisa kita tentukan lewat kedisiplinan yang tangguh saat ini,” sarannya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles