17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Babinsa Koramil 05/BB Upayakan Pemadaman Karhutla di Desa Pakning Asal

CENTRALNEWS.ID, BUKIT BATU – Sampai hari ini upaya pemadamakan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada hamparan lahan gambut bervegetasi belukar di Desa Pakning Asal, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis – Riau masih diupayakan prajurit Koramil 05 Bukit Batu, Distrik Militer 0303 Bengkalis, Kamis (22/6).

Lahan yang terbakar merupakan kebun masyarakat yang berkoordinat pada 1°20’15” North, 101°6’22” East. Pemilik kebun dan penyebab terbakarnya masih dilidik oleh pihak kepolisian, sembari itu, jajaran Koramil 05 Bukit Batu atas instruksi Danramil, Letda. Inf. Erli dengan melibatkan unsur Satgas Karhutla Kabupaten Bengkalis terus upayakan pemadaman.

“Jenis lahan yang terbakar adalah tanah gambut bervegetasi belukar dan terdapat pokok-pokok sawit. Jaraknya sekira 8 kilometer dari Koramil 05/BB. Perkiraan luas lahan terbakar sekira 2 hektare dan segera kita tanggulangi pemadamannya,” kata Letda Erli, Danramil 05/BB.

Babinsa Koramil 05/BB Upayakan Pemadaman Karhutla di Desa Pakning Asal | Foto: Bres

Jelang Kamis sore sekira 1,2 hektare lahan tersebut nampak masih mengeluarkan asap putih kecokelatan yang membumbung di udara. “Sisa lahan yang masih berasap kita lanjutkan pemadaman dan pendinginannya. Sumber air terbatas membuat pemadaman bara api jadi lebih memakan waktu, belum lagi terik dan keringnya cuaca disertai kencangnya hembusan angin membuat rambatan bara api semakin berpotensi,” ujarnya menerangkan.

“Walaupun demikian, kita tetap upayakan yang terbaik supaya dampak Karhutlanya bisa kita padamkan segera,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles