12.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Babinsa Koramil 03 Bantu Warga Terdampak Banjir di Duri

CENTRALNEWS.ID, DURI – Sejak pagi tadi, hujan lebat dilaporkan mengguyur merata wilayah Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bathin Solapan, Minggu (15/5). Akibatnya, sejumlah tempat terendam banjir dengan ketinggian maksimal mencapai pinggul orang dewasa.

Tak hanya ruas jalan dan fasilitas umum, genangan banjir juga banyak merendam permukiman penduduk. Alhasil, warga terdampak banjir kewalahan dan resah bukan main. Salah satu wilayah terdampak yakni lingkungan RT001/RW006, Kelurahan Babussalam Kecamatan Mandau – Duri.

Memandang genting hal itu, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto lewat Danramil 03 Mandau, Kapten (Arh) Jemirianto segera mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pelda Armen dan Sertu Agung untuk membantu warga terdampak banjir.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan

“Berdasarkan laporan yang kami terima, banyak titik genangan banjir hari ini. Dan sekira pukul 16.20 WIB, kita kerahkan Babinsa Pelda Armen dan Sertu Agung untuk bergabung bersama personel BPBD membantu warga terdampak banjir di lingkungan RT001/RW006, Kelurahan Babussalam,” kata Kapten Jemirianto, Minggu sore.

Sigap, petugas segera mengoperasikan pompa untuk menyedot air yang tak kunjung surut dari rumah-rumah penduduk. Selain menggunakan pompa air, pengurasan air banjir juga dilakukan dengan menggunakan cara manual menggunakan ember dan gayung.

Babinsa Koramil 03 bantu warga terdampak banjir | Foto: Bres

Hingga sekira pukul 17.00 WIB, beberapa rumah warga sudah berhasil dibersihkan dari genangan air pasca hujan. “Kita bersama personel BPBD saling kerja sama untuk keringkan rumah-rumah warga di Kelurahan Babussalam dari genangan banjir yang tak kunjung surut, kita pakai pompa air dan ember (cara manual),” ujar Pelda Armen menambahkan.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan

Selain di Kelurahan Babussalam, sejumlah wilayah lainnya juga terdampak banjir akibat lebat dan meratanya guyuran hujan dalam durasi tak singkat. Terkait itu pula, Danramil 03 Mandau mengerahkan kekuatan personelnya untuk menyisir setiap wilayah terdampak banjir guna sedini mungkin memberi bantuan.

“Pasukan kita kerahkan ke berbagai tempat, kalau ada yang terdampak banjir, segera kita bantu maksimal untuk mengeringkan genangan air dari dalam rumah supaya cepat kering,” ungkap Kapten Jemi. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles