17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Atensi Bupati, Kerusakan jalan Mawar langsung Diperbaiki Dinas PUPR Bengkalis

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kadis PUPR) Kabupaten Bengkalis, Ardiansyah, ST., MT melalui Kepala Bidang Irjauzi Syaukani, ST didampingi Kepala UPT Workshop dan Alat Berat Mandau Rudi Rinaldo tampak meninjau situasi terkini ruas jalan Mawar – Duri di lingkungan RW009, Kelurahan Balik Alam, Kecamatan Mandau – Duri, Minggu (29/5).

Peninjauan dilakukan di sekitar ruas jalan yang telah diaspal oleh Dinas PUPR atas instruksi atau atensi langsung Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos., M.MP. Rudi Rinaldo menegaskan, perihal kerusakan jalan Mawar, sudah pernah diajukan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Pengajuan itu dilakukan dengan menyerap aspirasi dari masyarakat dan disampaikan ke tingkat Kelurahan Balik Alam. Setelahnya, Kelurahan mengajukan tajaan Musrenbang ke tingkat Kecamatan Mandau pimpinan Riki Rihardi, S.STP., M.Si sebagai Camat.

Berkat perjuangan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Mandau, kondisi jalan Mawar sampai ke pendengaran Kasmarni. Tak mau menunda, Bupati perempuan pertama di Negeri Junjungan ini segera menginstruksikan Dinas PUPR untuk perbaiki kerusakan jalan.

Alhasil, perbaikan jalan Mawar dilakukan. “Atas instruksi Ibu Bupati Bengkalis kepada Kepala Dinas PUPR, perbaikan jalan dilakukan. Usulan perbaikan jalan disampaikan dengan skema yang tepat, yakni melalui usulan masyarakat yang disampaikan bertahap sampai ke tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis,” kata Rudi Rinaldo sembari meninjau sebagian ruas jalan yang telah diaspal.

Jalan Mawar diperbaiki sebagian, dilanjut di malam hari | Foto: Bres

Juga dijelaskannya, setiap kerusakan jalan atau fasilitas umum lainnya yang bersifat urgent dan berdampak pada khalayak, perbaikan dapat langsung dilakukan tanpa melalui skema Musrenbang.

Hal itu dilakukan bila kerusakan jalan atau jembatan maupun sarana umum lainnya memengaruhi produktifitas masyarakat, maka Bupati (setelah mendapat informasi) bisa langsung menginstruksikan Kepala Dinas PUPR lakukan perbaikan.

“Bisa lewat Musrenbang, bisa lewat pengajuan langsung (bila sifatnya urgent atau mendesak). Contohnya terkait kerusakan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan akibat banjir, longsor, tergerus air, gempa bumi dan yang sifatnya Force Meajure atau mendesak, bisa langsung ditangani. Diluar itu, harus lewat skema pengajuan dan Musrenbang,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, jalan Mawar merupakan salah satu jalan vital yang menghubungkan banyak tempat dan lokasi, salah satunya Objek Vital Nasional (OVN) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) lewat Gate III. Sehari-harinya, lalu lintas karyawan dan kendaraan operasional maupun alat berat kebutuhan perusahaan tersebut lalu lalang di jalan Mawar. Tak menghilangkan kesempatan, Dinas PUPR juga mencoba menjalin koordinasi kepada perusahaan tersebut guna menaja perbaikan bersistem gotong-royong antara Pemda dan Perusahaan.

“Secara garis besar, kita sudah berkoordinasi dengan PT Pertamina Hulu Rokan terkait kerusakan jalan Mawar agar bisa membantu. Namun sampai saat ini, tak ada respon. Mengingat kondisinya semakin parah, Ibu Bupati ambil tindakan dengan menginstruksikan Dinas PUPR untuk perbaiki jalan Mawar. Saat ini jalannya dalam proses perbaikan dengan sistem swakelola, karena dapat atensi langsung dari Bupati Bengkalis,” ungkap Rudi.

“Semoga kedepannya, pihak PT Pertamina Hulu Rokan bisa lebih bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat pada umumnya dalam hal mendukung pembangunan di Negeri Junjungan. Sebab, bila kita bersinergi, problematika yang ada dan dihadapi bakal lebih mudah diatasi. Kerja sama jadi kunci keberhasilan,” harapnya.

Terpisah, Lurah Balik Alam Rifky Ellyaningsih turut senang atas kerja cepat dan tepat Bupati Bengkalis dalam membenahi kerusakan di jalan Mawar. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja cepat, sigap dan tepat Ibu Bupati Bengkalis dalam perbaikan jalan Mawar – Duri. Dampak baiknya sangat kami rasakan sebagai warga dan masyarakat yang sehari-harinya lewat bahkan tinggal disini. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Camat Mandau, Riki Rihardi. Tanpa dukungan dan bantuan koordinasi dari beliau, perbaikan jalan ini tak akan maksimal,” ujar Rifky. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles