14.7 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Satgas Karhutla Siaga Tanggulangi Kebakaran di Negeri Junjungan

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Kepolisian resor (Polres) Bengkalis, daerah Riau gelar apel kesiap-siagaan pasukan guna pencegahan dan penanggulangan potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Negeri Junjungan, Kamis (1/4).

Pengerahan personel gabungan dari unsur TNI/Polri, Pemerintah dan instansi terkait dilakukan guna meminimalisir potensi kebakaran kala musim kering melanda.

“Setiap personel, termasuk masyarakat di Kabupaten Bengkalis harus bersiap. Mitigasi karhutla harus digencarkan, bila ada kebakaran, segera laporkan dan padamkan. Jangan sampai meluas,” kata Wakil Bupati Bengkalis, H. Bagus Santoso di halaman utama Mapolres Bengkalis.

Apel gelar pasukan siaga Karhutla 2022 | Foto: Bres

Tak satupun ketinggalan, unsur masyarakat peduli api (MPA) di tingkat Desa maupun Kelurahan, bahkan Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat (OKP/LSM) juga diharap menjadi sumber informasi dan bantuan tenaga yang mumpuni dalam menanggulangi karhutla di Kabupaten Bengkalis.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Riau masuk dan telah ditetapkan dalam status darurat karhutla sejak Maret sampai dengan 30 November 2022 mendatang.

Tak tanggung, luas lahan dan hutan yang terbakar sejak 1 Januari sampai akhir Maret 2022 ini mencapai 168 Hektare. Sejumlah wilayah rawan api langsung ditetapkan, sebanyak 6.800 personel gabungan langsung dikerahkan dalam operasi penanggulangan karhutla, tak terkecuali di Kabupaten Bengkalis.

Apel gelar pasukan siaga Karhutla 2022 | Foto: Bres

“Untuk di Kabupaten Bengkalis, mari kita berupaya sebaik mungkin. Jangan sampai asap mencemari udara kita, tingkatkan mitigasi dan edukasi secara masif ke seluruh masyarakat. Ingatkan, jangan buka lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara dibakar,” imbau dia.

Sebelumnya, Dandim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto juga telah menjalin silahtirahmi dengan pihak perusahaan di Kota Minyak, Duri guna meningkatkan kesadaran terkait pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Tak hanya TNI/Polri maupun Pemerintah Daerah (Pemda, red). Pihak perusahaan juga bertanggung jawan, silahkan laporkan bila ada kebakaran hutan ataupun lahan. Jangan sampai membesar, sebisanya tolong dipadamkan,” seru Letkol. Endik beberapa waktu lalu di Duri, Bengkalis – Riau.

Apel gelar pasukan siaga Karhutla 2022 | Foto: Bres

Turut hadir dalam apel gelar pasukan, Kapolres Bengkalis dan jajaran, unsur pemerintahan, MPA, BPBD dan Dinas Damkar, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pasi Intel, Kapt. Cpl. Hendrico, Kajari Bengkalis Rakhmat Budiman, SH., M.Kn, Sekretaris Dinas Perkebunan Wahyudin dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Setelah digelar, seluruh personel lamgsung berkoordinasi guna memetakan titik rawan karhutla dan laksanakan sejumlah giat edukasi dan pencegahan kebakaran. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles