22.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Diikuti 17 Peserta, Tasrif Asisten III Pemkab Natuna Buka Pelatihan Tagana

CENTRALNEWS.ID, NATUNA – Asisten III Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Natuna, Tasrif, membuka secara resmi pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berlangsung di Aula Tren Central Hotel Natuna, Senin (20/11/2023).

Kegiatan ini di gelar oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Natuna. Dalam sambutannya, sekaligus membukan kegiatan Tagana, Tasrif menyampaikan bahwa komunitas ini menjadi implementasi kebijakan pemerintah melalui Permensos No.28 tahun 2012.

Asisten III Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Natuna, Tasrif foto bersama di sela-sela membuka kegiatan Tagana yang berlangsung di Aula Tren Central Hotel Natuna, Senin (20/11/2023)

“Dimana Tagana selain menjalankan tugas, juga memiliki tanggung jawab untuk mendukung tugas-tugas penanganan masalah sosial lainnya terkait penanggulangan bencana”, paparnya.

Lanjuta Taarif, melalui kegiatan ini, diharapkan peserta pelatihan diberikan pembekalan bagaimana menangani kondisi kejadian bencana, mengawasi, mengendalikan, mengkoordinasikan dan melakukan tindakan dengan tepat, bagi pencegahan terjadinya korban jiwa.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau
Asisten III Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Natuna, Tasrif foto bersama di sela-sela membuka kegiatan Tagana yang berlangsung di Aula Tren Central Hotel Natuna, Senin (20/11/2023)

“Berharap komunitas Tagana ini mampu merespon berbagai kejadian bencana sebagai lapis pertama yang dapat secara pribadi maupun menjadi koordinator lapangan yang terjadi di Kabupaten Natuna,” harapnya.

Semnatara itu Kepala Dinas Sosial, Piryanti dalam sambutan menjelaskan, bahwa Tagana merupakan relawan sosial atau tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Asisten III Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Natuna, Tasrif, membuka secara resmi pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berlangsung di Aula Tren Central Hotel Natuna, Senin (20/11/2023)

Lebih lanjut Puryanti juga mengatakan, salah satu dari tujuan pelaksanaan kegiatan Tagana adalah, pembinaan dan peningkatan kemampuan tagana yang merupakan bagian dari Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), serta menjadi ajang silaturahmi antara anggota Tagana dengan Pemerintah Kabupaten Natuna.

“Kegiatan Tagana ini akan dilaksanakan selama 3 hari, terhitung dari 20 sampai dengan 23 November 2023. Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 17 peserta,” ungkapnya.(put)

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles