16.5 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Pertalite Dijual Rp 15 Ribu per Liter, Warga Pulau Laut di Natuna Belum Nikmati BBM Satu Harga

CENTRALNEWS.ID, NATUNA – Warga Pulau Laut di Kabupaten Natuna mengeluhkan mahalnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite. Pasalnya, satu liter pertalite di pulau terluar itu dibanderol Rp 15 ribu.

Padahal, pemenuhan akan kebutuhan BBM bersubsidi bagi masyarakat hingga saat ini terus menjadi perhatian pemerintah.

Sebagai upaya pemerataan harga BBM bersubsidi di Indonesia, pemerintah menerapkan program BBM satu harga.

Kabupaten Natuna sendiri termasuk bagian dari program ini. Namun sayangnya program ini ternyata belum menyentuh Pulau Laut yang merupakan pulau terluar dan termasuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Hingga saat ini warga Pulau Laut belum merasakan BBM satu harga khususnya jenis pertalite.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

Hal ini turut dibenarkan Camat Pulau Laut, Bambang Erawan. Ia menjelaskan, dengan keadaan yang dirasakan bersama warganya itu seakan Pulau Laut belum merdeka.

“Persoalan di sini cukup kongkrit, mulai dari transportasi, infrastruktur, sinyal dan sekarang nambah lagi soal BBM mahal,” kata Camat Bambang, Jumat (25/8/2023).

Ia berharap agar pemerintah mulai dari tingkat II, I dan pusat dapat lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat di pulau terluar itu.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Natuna Marzuki, mengatakan bahwa kondisi sulit yang dialami masyarakat di sana menjadi perhatian khusus bagi mereka.

Guna mengatasi persoalan ini, pihaknya akan melakukan upaya-upaya, diantaranya melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina dan pemerintah daerah.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Menyapa Warga Ranai di Warung Kopi

“Nanti saya akan koordinasi dengan Pemda dalam hal ini Kabag Ekonomi, tentunya juga dengan pihak Pertamina,” kata Marzuki melalui sambungan telepon.

Marzuki mengungkapkan, persoalan selisih harga BBM khusus pertalite di pulau-pulau di daerah perbatasan kerap terjadi. Sebelumnya persoalan serupa pernah terjadi di Serasan dan Subi.

Dikarenakan jarak dari Depo Pertamina Selat Lampa ke pulau-pulau cukup jauh, sehingga harga BBM di pulau itu terdapat selisih harga.

Dengan selisih harga yang signifikan, akhirnya DPRD melakukan upaya berupa kesepakatan antara pihak penyalur dan masyarakat.

“Yang di Serasan dan Subi meskipun belum satu harga, tapi harganya sudah turun dari sebelumnya, sekarang per liter nya Rp 12 ribu,” kata Marzuki.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau

Hal tersebut juga akan dilakukan untuk mengatasi persoalan harga BBM pertalite di Pulau Laut.

“Kami akan upayakan hal ini, sebab ini menjadi persoalan masyarakat kita di sana,” tuturnya.(put)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles