16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Forkopimda Bengkalis Gelar Apel ‘Siap – Siaga’ Tanggulangi Ancaman Karhutla 2023

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkalis meliputi unsur Pemerintah, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri dan instansi terkait lainnya gelar pasukan dan peralatan sempena kesiap-siagaan terhadap ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2023, Senin (13/2).

Apel tersebut dilaksanakan di halaman Polres Bengkalis dan dipimpin langsung AKBP. Setyo Bimo Anggoro, Kapolres Bengkalis. Hadir mewakili Dandim 0303 Bengkalis, Kapten. Czi. Suratmin, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Kajari Zainur Arifinsyah, Kepala BPBD, Kepala Dinas Damkar dan berbagai pihak lainnya.

Pada kesempatan itu, AKBP. Bimo mengatakan bahwa Forkopimda harus siap dan selalu siaga dalam menanggulangi ancaman Karhutla. “Bahkan kita semua harus selalu mengedukasi masyarakat agar tidak membuka lahan pertanian atau kebun dengan cara membakar vegetasi di atasnya. Fungsi pencegahan harus dikedepankan,” kata Bimo.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

Kemudian, tim dalam wadah Satuan Tugas (Satgas) Karhutla 2023 harus bersinergi. Bila berjalan tak seirama, ancaman Karhutla bisa sangat merugikan masyarakat, bahkan berujung fatal. AKBP Bimo tak ingin ada petugas yang anggap sepele akan situasi yang ada, terlebih kala seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis dan Riau secara umum tengah memasuki peralihan musim. “Jangan sampai ada yang anggap sepele, kita harus serius. Kita wujudkan Bengkalis bebas asap, kita kelarkan potensi Karhutla,” ujar Bimo.

Forkopimda Bengkalis Gelar Apel Pasukan Siap – Siaga Tanggulangi Ancaman Karhutla 2023 | Foto: Bres

Sejak memasuki tahun 2023, kata dia, sudah terjadi beberapa kasus Karhutla di Kabupaten Bengkalis yang menghanguskan 1,6 Hektare lahan. Belum lagi, pada bulan Februari ini diperoleh informasi karakteristik lahan gambut rawan api mencapai 69,68%. Hal ini membuat Forkopimda Bengkalis tak bisa sepele, terlebih saat cuaca terik berangin kencang makin menjadi.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Minta Nahdlatul Ulama Menjaga Kerukunan di Kepri

“Seluruh instansi jangan lengah, kita harus siaga dan bekerja sama menanggulangi ancaman Karhutla,” ungkapnya.

Wakili Letkol. Inf. Endik, Dandim 0303 Bengkalis, Pasiopsdim Kapt. Czi. Suratmin turut mendukung. “Kodim 0303 Bengkalis dan seluruh prajurit di dalamnya, baik yang tersebar di masing-masing Koramil nyatakan siap. Kita selalu patroli di areal-areal rawan api sebagai bukti kesiapsiagaan, kedeoan akan semakin kita gencarkan. Kita siap monitor 24 jam agar Bengkalis bebas bencana asap dan kita harap bisa lebih baik dari sebelumnya,” jelas Kapt. Suratmin, wakili Dandim 0303. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles